Masuk SD, Minimal 5,5-6 Tahun

Bahrin SPd MM. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD tahun akademik 2018-2019 akan dilaksanakan 2-6 Juli 2017. Meski masih lama, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang terus mengingatkan orang tua calon siswa untuk mengetahui persyaratan yang diberlakukan.
Kepala Bidang (Kabid) SD Disdik Kota Palembang, Bahrin SPd MM mengatakan, usia masuk SD minimal 5,5-6 tahun. Prioritas anak yang usianya di atas enam tahun. Tapi jika kuota masih ada, silakan saja sekolah menerima anak usia 5,5 tahun.
“Kita tetap priortaskan calon siswa yang masuk SD negeri harus berusia diatas 6 tahun. Namun jika kuota masih ada, silahkan kepada sekolah untuk menerima calon siswa yang berusia 5,5-6 tahun,” terangnya.
Di Kota Palembang lanjutnya ada 248 sekolah dan swasta 143 sekolah yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan. Bahrin juga menambahkan, untuk tingkat SD, paling banyak menerima siswa empat rombongan belajar (rombel). “Penerimaan siswa tergantung kebutuhan rombel yang ada. Namun, paling banyak biasanya empat rombel. Satu rombel diisi 32 siswa,” terangnya.
Untuk pengumuman hasil ujian nasional (UN) tingkat SD tambah Bahrin sudah dilakukan Senin kemarin (3/6). Pengumuman hasil UN ini sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Sementara itu, Kepala SD Negeri 39 Palembang, Linda Emellya mengatakan, memang benar sekolahnya beserta SD lain sudah membagikan hasil kelulusan tingkat SD. “Alhamdulillah, dari total kelas VI yang berjumlah 168 siswa/i lulus semua. Pembagian nilai UN dimulai kemarin kepada siswa yang dihadiri oleh orang tuan siswa. Nilai siswa rata-rata ada 7 hingga 9,” katanya.
Sesuai instruksi Disdik kota, apabila sudah dapat nilai UN, para wali kelas harus membagikan hasil tersebut ke siswanya. ”Untuk pembagian ijazah, kita masih menunggu Disdik kota. Khusus SDN 39, akan ke SMP Negeri 3 Palembang sesuai rayon,” pungkasnya. (nni/nan/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!