Matsama, Ajang Perkenalan Siswa

ISTIRAHAT:Siswa baru MTs Negeri 2 beristirahat sejenak setelah mengikuti kegiatan matsama yang berlangsung hingga Sabtu nanti. Foto:Neni/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Hari menunjukkan pukul 07.00 WIB. Para peserta didik baru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Model Palembang mengikuti kegiatan pembukaan masa ta’aruf, yang diawali pembukaan dan salat Duha bersama.
Kegiatan berpusat di lapangan madrasah, di buka langsung Kepala MTsN 2 Model Palembang, Fery Aguswijaya MPdI, dan dihadiri seluruh guru dan pegawai di lingkungan madrasah.
“Matsama, awal pertemuan dengan peserta didik baru yang sudah dinyatakan lulus melalui seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) beberapa waktu lalu,” ujar Kepala MTsN 2 Model Palembang, Fery Aguswijaya, di sela kegiatan, kemarin (13/7).
Dirinya mengucapkan selamat datang dan bergabung kepada para siswa di hari pertama menginjakkan kaki di madrasah. “Matsama atau masa ta’aruf siswa madrasah, yang dulu disebut masa orientasi siswa, tentu harus semangat. Tahun ajaran baru, semangat baru mengikuti kegiatan ini,” bebernya.
Fery menambahkan, pelaksanaan matsama merupakan ajang perkenalan bagi 272 peserta didik baru, baik lingkungan sekolah, guru maupun sesama peserta didik baru sebagai ajang perkenalan. “Kenal lingkungan sekolah, guru, kakak kelas, dan sesama peserta didik baru,” ucapnya.
Karena para siswa berasal dari sekolah berbeda sebelumnya, jangan ragu untuk berkenalan. Dengan begitu, akan menumbuhkan kasih sayang antara siswa dan siswa, siswa dan guru. “Sebab, di sinilah nantinya anak-anak akan menempuh pendidikan selama tiga tahun ke depan,” terangnya.
Lanjutnya, MTs Negeri 2 Model Palembang merupakan madrasah percontohan sejak 19 tahun lalu. “Alhamdulillah saat ini, MTs Negeri 2 Model Palembang menjadi percontohan sejak tahun 1998 melalui surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam saat itu A Malik Fajar,” ingatnya.
Kegiatan selama tiga hari diharapkan dapat berjalan lancar dan tertib. “Anak-anakku, ikutilah kegiatan ini. Semoga kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ke depan ini berjalan lancar, tertib, dan diridhoi Allah SWT,” harapnya.
Salah satu peserta Ridho, mengatakan, dirinya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan matsama sebagai ajang muhasaba bagi diri sendiri. “Tadi pagi, kita ikut salat Duha dan siang nanti ikut salat Zuhur berjemaah,” tukasnya. (nni/via/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!