Menteri Inggris Mengundurkan Diri karena Malu Datang Terlambat Rapat Parlemen

michael bates. Foto: BBC

Menteri Pembangunan Negara Inggris, Michael Bates, mengundurkan diri secara dramatis dari jabatannya karena datang terlambat dalam sebuah rapat parlemen. Pria tersebut mengatakan bahwa dia sangat malu atas perbuatannya. Bates sedianya dijadwalkan untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam rapat tersebut. Namun karena datang terlambat, pertanyaan tersebut akhirnya dilempar kepada rekannya.

“Saya ingin tahu apakah Anda mengizinkan saya menyampaikan permintaan maaf tulus kepada Baroness Lister karena ketidakpedulian saya dan karena saya tidak berada di tempat untuk menjawab pertanyaannya mengenai masalah yang sangat penting,” katanya setelah tiba di tempatnya, seperti dikutip laman CNN, Kamis (1/2).

“Saya benar-benar malu karena tidak berada di tempat saya dan oleh karena itu saya akan mengajukan pengunduran diri saya kepada Perdana Menteri dengan segera, saya mohon maaf,” tambahnya.

Pernyataan Bates tersebut membuat rekan-rekannya di House of Lords terkejut. Bahkan saat Bates keluar dari ruangan, rekan lainnya langsung berteriak ‘Tidak’.

Pemimpin oposisi Partai Buruh, Baroness Smith, sampai bangkit dari tempatnya dan meyakinkan Bates bahwa dirinya tidak memiliki alasan untuk mengundurkan diri hanya karena sebuah ‘ketidakpedulian kecil’.

Beberapa jam setelah pengunduran diri tersebut, Theresa May langsung mengeluarkan pernyataan untuk meresponnya.

“Pengunduran dirinya ditolak karena dinilai tidak perlu. Sebagai menteri yang selalu bekerja keras dan tekun, maka sudah menjadi ciri khas dia untuk selalu bertanggung jawab terhadap tugasnya di parlemen,” ujar Theresa May melalui juru bicaranya. (cnn/int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!