Minta 2018 Penanganan Karhutla Lebih Baik

Gubernur H Alex Noerdin

PALEMBANG- Penanganan pengendalian kebakaran hutan dan lahan hingga 2018 mendatang perlu dilakukan perubahan pendekatan. Bahkan harus memprioritaskan tindakan pencegahan daripada pemadaman yang biasanya dilakukan selama ini.

Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), J Tambunan mengungkapkan, kedepan penerapan sistem deteksi lebih dini yang handal harus ditingkatkan sehingga lebih efektif.

” Bagaimana cara membuka lahan tanpa membakar yang harus terus disosialisasikan kepada masyarakat karena kebakaran yang terjadi ini akibat dari manusia,” terangnya, Kamis (13/7).

Apalagi pada 2018 di Sumsel akan digelar event besar dan perlu diyakinkan tahun ini penanganan karhutla lebih baik sehingga tahun mendatang akan lebih baik lagi dan ini perlu diyakinkan. Pemerintah sangat fokus untuk membantu jika sangat dibutuhkan pendanaan lain akan digeser untuk pencegahan karhutla oleh daerah tersebut.

Tak hanya itu, dalam pencegahan karhutla, perlu ada pendekatan operasi dan kesepahaman pendanaan setiap lembaga dan pemerintah daerah tidak kewalahan dan untuk itu perlu adanya penguatan kelembagaan. (uni)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Jumat (14/7). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!