Minta Masyarakat Dukung Atlet Indonesia

SENAM SEHAT: Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di acara Jalan dan Senam Sehat di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, kemarin. Foto: Alfery/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, mengharapkan seluruh elemen masyarakat di Sumsel bisa memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang. Menurutnya, momen ini jadi yang kedua kali diselenggarakan di Indonesia dan belum tahu kapan lagi bisa terselenggara.
“Kita tentu harus berbangga dengan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah. Artinya dunia, khususnya masyarakat Asia, menaruh kepercayaan terhadap bangsa Indonesia. Sehingga gelaran ini harus didukung penuh,” ujar Puan dibincangi awak media usai hadiri Jalan Sehat Asian Games Ke-18 di halaman Kantor Gubernur Sumsel, kemarin (12/8).
Dia mengatakan, dirinya telah mengecek sendiri kesiapan Palembang selaku tuan rumah. Menurutnya, venue dan fasilitas di kawasan JSC sudah sangat siap. “Beberapa cabor seperti panjat tebing, sepatu roda, dan olahraga ekstrem lainnya diselenggarakan di sini. Ini bakal jadi tontonan menarik bagi penikmat olahraga ekstrem,” katanya.
Dia mengajak masyarakat agar mendukung seluruh atlet Indonesia yang berlaga dengan cara menonton langsung pertandingan. Khusus para pelajar nantinya akan diakomodir pemerintah daerah agar mendapat akses masuk JSC. “Jumlahnya nanti silakan dengan Gubernur atau panitia,” terangnya.
Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, menjelaskan, kebijakan meliburkan anak sekolah tergantung kewenangan pemda setempat. Menurutnya, Jakarta yang juga tuan rumah sudah meliburkan 70 sekolah. Sebab, kemacetan yang ditimbulkan saat anak bersekolah ketika gelaran dikhawatirkan bisa menghambat atlet yang ingin berlaga. “Kalau Jakarta memang diliburkan pemdanya. Karena khawatir macet, kalau Palembang mungkin ada kebijakan sendiri,” ujar Didik.
Dikatakan kemeriahan Asian Games sudah sangat terasa di Palembang. Terbukti antusiasme masyarakat mengikuti Jalan Sehat Asian Games. “Kalau melihat pesertanya mungkin lebih dari 20 ribu. Demam Asian Games ini nantinya akan kami tularkan ke kota lainnya di Indonesia,” bebernya.
Gelaran Jalan Sehat Asian Games 2018 itu sendiri diawali Senam Poco-Poco bersama diikuti seluruh peserta. Antusiasme terlihat ketika peserta meminta Senam Poco-Poco dilakukan dua kali.
Setelah itu, lanjut senam Goyang Dua Jari dan theme song Asian Games 2018. Kemudian jalan sehat dengan rute dari Kantor Gubernur-Transmart-Palembang Indah Mall-Internasional Plaza-Cinde-RS RK Charitas lalu kembali lagi ke Kantor Gubernur Sumsel. Di akhir acara.
Saat jalan sehat berbagai kegiatan dilakukan seperti senam, jalan sehat dan juga pengundian hadiah door prize. Hadiah door prize yang disiapkan yaitu 47 sepeda, satu sepeda motor dan puluhan boneka Asian Games. (kos/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!