Miris… Anak di Kampung ini Belum Mengenyam Pendidikan

25
Ilustrasi.

TEBING TINGGI – Wilayah Kabupaten Empat Lawang masih terdapat perkampungan kecil, salah satunya di wilayah Desa Tanjung Agung, Kecamatan Ulu Musi. Dua perkampungan terpencil di desa tersebut dimasukkan dalam Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan harus mendapat sentuhan pembangunan secepatnya. Kampung tersebut yakni, Talang Muara Sidang dan Talang Air Busuk.

Kedua perkampungan ini, jauh dari sentuhan pembangunan, bahkan anak-anak di perkampungan ini tidak pernah mengenyam bangku pendidikan, lantaran tidak ada fasilitas sekolah dan akses jalan yang sulit dilalui.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Empat Lawang, Hasbullah mengakui hal itu, Talang Muara Sidang dan Talang Air Busuk akan dimasukkan dalam KAT. Di seluruh Indonesia, cuma ada 11 kabupaten yang dimasukkan dan di Sumsel hanya satu kabupaten, yakni Empat Lawang.

Wilayah yang dimasukkan dalam KAT tersebut, tak bisa hanya pihaknya yang menangani. Diperlukan kerja sama lintas sektoral, mengingat kondisi wilayah yang harus cepat ditanggulangi.

“Kondisi di sana, memang benar-benar memerlukan penanganan segera, dan itu harus dikerjakan bersama lintas sektoral,” kata Hasbullah. (eno)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!