Momen Lebaran, Otomotif Tumbuh

JAKARTA – Terhitung Januari-April, pasar otomotif nasional mengalami pertumbuhan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Secara whole sales, kenaikannya 5,6 persen yakni dari 373.748 unit menjadi 394.421 unit atau sebanyak 20.673 unit. Pertumbuhan penjualan tahun ini terjadi pada Januari dan April, sementara Februari-Maret pasarnya turun dari tahun lalu.

Namun secara volume, terbanyak pada Maret-April yang melebihi angka 100 ribuan unit perbulan. “Biasa, menjelang Lebaran permintaan naik, kisarannya antara 10-20 persen,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM), Rabu (16/5).

Hingga April, segmen pasar tertinggi masih dari low MPV yang mencapai 93.690 unit, disusul LCGC 80.844 unit dan pikap 53.978 unit. Meski besar, penjualan segmen low MPV dan LCGC sebenarnya mengalami penurunan sepanjang empat bulan ini. Yakni low MPV turun 0,3 persen (93.976 unit) dan LCGC 3,9 persen (84.087 unit). Sementara pikap tumbuh 15,6 persen (46.680 unit).

Daihatsu sendiri membukukan penjualan (Januari-April) sebanyak 70.476 unit atau naik 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan retail sales 64.880 unit, naik 10 persen. Pertumbuhan penjualan dari Maret ke April pun ikut dirasakan Daihatsu, yakni dari sekitar 17.100 unit menjadi 18.800 unit atau naik 1.700 unit. Hal ini pun didorong karena momen Lebaran. (rei)

Baca Juga :  Jaga Kualitas Layanan

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Kamis (17/5). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!