Mudik, Hal yang Harus Diperhatikan di Rumah Anda

6
Ilustrasi rumah. foto: zulkanain sumeks.co.id

MUARA BELITI – Masyarakat Kabupaten Mura-Muratara diminta agar lebih berhati-hati ketika mudik keluar kota. Pasalnya, rumah kosong yang ditinggalkan penghuni saat mudik Lebaran kerap menjadi sasaran pelaku tindak kriminalitas.

Kapolres Mura AKBP Pambudi mengatakan, untuk mengantisipasi aksi tindak kriminalitas yang sering mengincar rumah kosong, pihaknya akan tetap melakukan pelayanan terhadap masyarakat, ‎dan meminta warga yang mudik untuk melakukan beberapa tahapan. Diantaranya, pastikan rumah dalam keadaan terkunci, keamanan saluran air dalam keadaan tertutup, listrik dalam keadaan tidak terpasang, dan tabung gas tidak bocor untuk menghindari kebakaran rumah.

Lalu, kunci pengaman rumah dengan kunci ganda, koordinasi dengan RT apabila hendak mudik guna diawasi melakukan siskamling. “Jadi sebelum mudik perhatikan kondisi keamanan di lingkungan sekitar dulu. Jadi sebelum keluar rumah perhatikan listrik, air dan kunci pengaman,” kata Pambudi, Minggu (18/6).

Dia menegaskan, untuk menjaga kondisi keamanan bukan hanya tugas dari aparat kepolisian namun juga semua elemen masyarakat. Masyarakat diminta untuk saling menjaga dan mengawasi keamanan di sekitar lingkungan mereka. Jangan sampai ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“Kita harus saling mengawasi, dan saling menjaga. Jadi kalau ada tetangga yang mudik kita, saling jaga,” timpalnya. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!