Musisi Papan Atas, Panggung Spektakuler di Pembukaan Asian Games

JAKARTA – Puluhan artis papan atas ramaikan pembukaan Asian Games XVII/2018. Tidak hanya Via Vallen yang didaulat menyanyikan theme song Asian Games XVIII, penyanyi sekelas Anggun C. Sasmi yang sudah malang melintang di luar negeri juga tak mau ketinggalan unjuk kebolehan dalam acara yang akan dilaksanakan di SUGBK Senayan, Jakarta Pusat, pada 18 Agustus nanti.

“Opening ceremony juga dimeriahkan musisi kebanggaan Indonesia seperti Raisa, Tulus, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, Kamasean, Rossa, Cakra Khan, Rian D’Massiv, juga Ariel Noah,” tulis web resmi Asian Games 2018.

Para artis tersebut akan tampil di atas sebuah panggung yang spektakuler. Jika mengacu pada acara yang sama, panggung yang disiapkan salah satu yang terbesar dan tertinggi. Ukuran panggungnya, panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter. Panggung tersebut akan menampilkan pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia yang cantik.

Kekayaan budaya dan seni Indonesia akan melengkapi kemeriahan dan kemegahan panggung tersebut. Rencananya, Asian Games ke-18 akan dibuka dengan pertunjukan kolosal. Ini sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan sebuah event berskala Internasional. Acara pembukaan ini digarap dengan serius karena diperkirakan akan disaksikan oleh miliaran penonton di seluruh dunia.

Untuk menambah orisinilitas karya, panggung spektakuler itu dibuat secara manual oleh perajin asal Bandung dan Jakarta. Di atas panggung itu selain menjadi wadah musisi Indonesia unjuk gigi juga akan dipenuhi 4.000 penari arahan koreografer andal, Denny Malik dan Eko Supriyanto. Penari yang telah berlatih berbulan-bulan tersebut akan tampil energik dan elegan diiringi oleh ratusan pemusik dibawah arahan Addie MS dan Ronald Steven.

Api Asian Games 2018 juga akan memeriahkan acara pembukaan. Setelah diarak keliling 54 daerah, api Asian Games akan dibawa ke atas panggung sebagai penanda bahwa multieven antarbangsa Asia ini resmi dibuka. Setelah diarak keliling tujuh daerah di Sumatera Selatan pada 3-7 Agustus lalu, api Asian Games yang diambil dari India dan tiba di Jogjakarta pada 17 Juli lalu kini sudah masuk Jawa Barat.

Ketika memasuki Kota Garut, api Asian Games disambut dengan jumlah pentas seni tradisional yang ditampilkan di beberapa titik kawasan perkotaan Garut. “Pawai obor Asian Games dapat menjadi ajang promosi wisata, karena di Kabupaten Garut terdapat banyak obyek wisata. Kami senang sekali bisa menyambut pada hari ini. Swiss Van Java juga menjadi julukan sendiri karena disini banyak oleh oleh cokelat yang enak. Maka dari itu, Kirab Obor ini pastinya akan menjadi kebanggaan dan kesuksesan bagi masyarakat Garut dan Indonesia,” ungkap Rudi Gunawan Bupati Garut sebagaimana dilansir situs resmi Asian Games 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan mengatakan, ada 12 kesenian daerah yang ditampilkan dalam rangkaian Kirab Obor Asian Games di Garut. Di antaranya kesenian tradisional seperti silat, perkusi calung, surak ibra, marawis, keroncong, arumba, reog, domba catwalk dan bobodoran. Kemudian permainan musik, dan marching band. Penampilan pentas seni ini pun sangat meriah dengan didukung ramainya anak anak sekolah dan warga sekitar yang ikut bergabung.

Tiket pembukaan Asian Games 2018 sendiri terus diserbu penonton. Kini sudah lebih dari 50 persen dari total 40 ribu tiket yang dijual. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan segera membeli tiket pembukaan dan pertandingan sesegera mungkin melalui saluran resmi penjualan tiket yakni di website Asiangames2018.id/tickets/, kiosTix.com atau di Pop-store Asian Games 2018 yang terdapat di mall.(kmd/ion)

Rundown Pembukaan Asian Games 2018
17.00 WIB Preshow 120 menit (tidak live)
19.00 WIB Pembukaan Acara
19.45 WIB Parade Atlet (45 menit)
20.30 WIB Protokol (15 menit)
20.45 WIB Pertunjukan (75 menit)
22.00 WIB Penutup Acara

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!