Nasib Gugatan di Tangan Hakim

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi masih menerima pendaftaran gugatan pemilihan kepala daerah (pilkada). Hingga Rabu (11/7) petang, tercatat ada 56 perkara yang didaftarkan ke MK, 5 diantaranya gugatan terhadap Pemilihan Gubernur (Pilgub) yakni Sumatera Selatan, Lampung, Maluku, Maluku Utara dan Sulawesi Tenggara.

Juru Bicara MK Fajar Laksono menerangkan bahwa pendaftaran sengketa pilkada akan ditutup pada Rabu hingga pukul 24.00 WIB. Ia memperkirakan jumlah perkara yang didaftarkan akan terus bertambah hingga pendaftaran resmi ditutup.

“Setelah didaftarkan, maka MK akan melakukan proses pemeriksaan kelengkapan pada 12 – 17 Juli. Lalu pada 23 Juli akan dilakukan registrasi dalam BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi),” ujarnya.

Permohonan yang telah didaftarkan katanya masih diberi kesempatan para pihak melengkapi berkas permohonan sejak 16 Juli hingga 20 Juli. Setelah BRPK, perkara sengketa pilkada akan menjalani sidang pendahuluan pada 26 Juli mendatang hingga putusan dismissal pada 9 Agustus.

“Putusan dismissal akan menentukan apakah perkara memenuhi syarat untuk bisa diadili MK,” jelasnya. (ran)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Kamis (12/7).

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!