Nekat Lintasi Jalan Ratusan Kilometer

Kondisi jalan penghubung desa di Muba sangat sulit dilintasi. Jika nekat, mobil bisa terjebak di lumpur. Sementara jika menggunakan jalur lain, bisa menempuh jarak ratusan kilometer. Foto: Yudi/Sumeks.

SEKAYU – Hingga kini ruas jalan penghubung desa belum juga diperbaiki. Kondisinya pun semakin parah dan berlumpur. Warga pun terpaksa nekat melintasi jalan “ kubangan kerbau” tersebut. Seperti di Desa Kemag dan Desa Kemang Kecamatan Sanga Desa.

Akibatnya, tak sedikit mobil warga yang terjebak. Terpaksa mobil ditarik menggunakan alat berat. Adapula warga lebih memilih putar arah menuju Kecamatan Babat Toman. Warga rela menempuh jarak ratusan kilometer dan menelan waktu empat jam lebih. “Memang ada jalan alternative lain tetapi jarak tempuhnya ratusan kilometer yakni melintasi simpang gas Kecamatan Tungkal Jaya,” kata Nasrullah. Kades Macang Sakti.

Lalu warga masuk ke arah keluang dan keluar Desa Sukarami Kecamatan Sekayu, barulah warga bisa menuju Kecamatan Babat Toman. Jalan rusak ini benar-benar menganggu aktifitas dan perekonomian warga. ‘’Seharusnya pemerintah memperbaiki ruas jalan penghubung desa dan kecamatan. Bagaimana perekonomian bergeliat, bila jalan rusak parah seperti ini,” kesalnya.

Hal serupa juga terjadi di Desa Sungai Duo. Kondisi jalan masih berlumpur dari Desa Sungai Duo ke Tebing Bulan. Panjangnya sekitar 6 km. “Akses jalan ini menuju Kota Sekayu dan PALI,” kata Sudirman, Kades Sungai Duo.

Baca Juga :  Mediasi Alot, Sopir-Ajudan Wabup tak Mau Berdamai

Jalur alternative lain, lanjutnya, banyak warga putar arah melintas jalan perkebunan kelapa sawit. Meskipun jaraknya sekitar 15 km. “Warga lebih memilih putar arah dan melintasi jalan perkebunan, karena kalau melintasi kawasan tersebut mobil bisa terjebak,” harapnya.

Pj Bupati Muba, H Yusnin, melakui Plt Sekda Muba, Drs H Apriyadi MSi, mengatakan, proses perbaikan jalan penghubung desa dan kecamatan, tengah tahap lelang. “Kita targetkan pengerjaan perbaikan dilakukan pertengahan Mei. Kita telah mengalokasikan Rp400 miliar untuk memperbaiki jalan itu,’’ katanya. (yud)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!