Neymar Jr Bakal Meriahkan APG

SOLUSI TERBAIK: Wakil Presiden jusuf Kalla potong tumpeng dalam acara launching setahun jelang APG 2018. Foto: Kumaidi/Sumatera Ekspres

JAKARTA – Panpel Asian Para Games alias INAPGOC punya cara sendiri menggaungkan miltieven khusus atlet difabel pada 8-16 Oktober 2018 di Jakarta. Mereka kirim utusan terbang ke Paris, Prancis, untuk melobi pesepakbola dunia, Neymar Jr, agar mau ikut sosialisasikan Asian Para Games (APG) tahun depan. Cara ini dianggap menjadi solusi terbaik meningkatkan awarness masyarakat terhadap pelaksanaan Asian Para Games.

“Roberto Carlos dan Neymar Jr akan kita undang ke Indonesia. Kebetulan di PBB Neymar merupakan duta dari Paralimpic. Respons cukup positif bahkan dia menanyakan terus perkembangan Asian Para Games 2018,” ungkap Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari dalam acara launching setahun jelang pelaksanaan Asian Para Games di Kemayoran Jakarta, Jumat (6/10).

Okto menegaskan, ini baru rencana dan masih bisa berubah mengingat jalur untuk mendapatkan kepastian masih panjang. Pihaknya masih harus berbicara dengan pihak manajemen dan keluarga di Brazil.

“Yang pasti, mendatangkan Neymar merupakan sebuah terobosan agar pelaksanaan Asian Para Games menjadi lebih menarik. Tapi ini belum fix karena masih harus adakan meeting lanjutan di Brasil. Tentu ada harapan dia hadir saat acara. Setelah ada kepastian akan kita umumkan ke publik,” terang Urgyen Richen Simon, Member Sport of Division INAPGOC.

Baca Juga :  Keagungan Gunung Ijen dalam Banyuwangi Ethno Carnival 2017

Dalam acara launching hitung mundur setahun menuju Asian Para Games dihadiri juga Menpora Imam Nahrawi beserta jajarannya dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla serta para undangan dari INAPGOC, dan atlet difabel. Dalam acara yang dikemas secara sederhana dengan dilakukan potong tumpeng itu juga diisi dengan pemberian bonus secara simbolis kepada atlet yang berprestasi di SEA Games dan ASEAN Para Games di Malaysia lalu.

Di SEA Games Indonesia berada di peringkat kelima dengan torehan 38 emas 63 perak dan 90 perunggu. Sementara di ASEAN Para Games Indonesia keluar sebagai juara umum dengan peroleh 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Untuk bonus, diserahkan langsung oleh Wapres RI Jusuf Kalla didampingi Menpora Imam Nahrawi secara simbolis. “Jangan dilihat no lainnya, tapi ini komitmen pemerintah bahwa bonus atlet SEA Games dan ASEAN Para Games tidak ada perbedaan. Peraih emas mendapatkan Rp200 juta, perak Rp100 juta, dan Rp60 juta untuk peraih perunggu. Total anggaran bonus untuk peraih medali Rp80-an miliar. Dana diambil kan dari APBN,” terang Menpora Imam.

Selain mendapatkan bonus, para peraih medali juga akan mendapatkan bonus tambahan dari Pemerintah. Menpora Imam menegaskan bahwa bonus berupa rumah sudah disiapkan Kemenpupera sementara untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tinggal menunggu eksekusi dari Kemenpan RB.

Baca Juga :  4 Menit Menpar Arief Yahya Bikin Senyap 1500 Delegasi Forum UNWTO

“Tinggal tunggu hasil verifikasi Kemenpan RB. Harus ada kekhususan persyaratan. Tidak semua harus memiliki ijazah sebagaimana aturan dan juga ada pengecualian soal umur. Saya mendapat kabar jika beliau (Menpan RB) akan gerakkan jalur khusus ini,” terangnya. (kmd/ion)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!