Obi-Wan Punya Film Sendiri

Ewan McGregor. Foto: Lucas Film

LOS ANGELES – Lucasfilm masih berkutat dengan film solo Han Solo. Spin-off pertama Star Wars yang akan rilis pada Mei 2018 tersebut belum punya judul resmi. Namun, studio di bawah Disney itu sudah punya kejutan lain. Mereka berencana membuat spin-off baru satu karakter lagi yang tak kalah penting dari Han Solo, yakni Jedi master Obi-Wan Kenobi. Dilansir dari Variety, pembuatan film itu masih berada dalam tahap awal, tapi sudah dikonfirmasi kepastiannya.

Film Obi-Wan Kenobi menjadi salah satu proyek Lucasfilm di luar trilogi saga keluarga Skywalker. Kabarnya, saat ini film Han Solo yang disutradarai Ron Howard sudah berada dalam tahap akhir produksi. Selain Obi-Wan, Lucasfilm akan membuat spin-off tentang Yoda dan Boba Fett.

April lalu, CEO Lucasfilm Kathleen Kennedy pernah berjanji mengumumkan film Star Wars terbaru pada musim panas. “Saya pikir kita sudah semakin dekat. Saya berharap judulnya akan diumumkan sekitar musim panas,” kata Kennedy kepada MTV.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, Stephen Daldry, kabarnya, sedang bernegosiasi untuk menempati posisi sutradara film Obi-Wan itu. Belum ada skenario atau pun penulisnya. Daldry merupakan sutradara yang berangkat dari ranah teater. Namanya melejit di layar lebar berkat film Billy Elliot. Film yang dibintangi Jamie Bell itu masuk nominasi Oscar 2001. Daldry juga dikenal lewat film The Hours (2002), The Reader (2008), dan serial Netflix berjudul The Crown (2016).

Meski belum pasti, Daldry dirasa pas. Pertama, Daldry terbukti punya cara hebat untuk membuat skenario yang tricky. Misalnya dalam The Hours dan The Reader yang sukses masuk nominasi Oscar untuk berbagai kategori, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Berbeda dengan Rogue One: A Star Wars Story (2016) yang merupakan prekuel, film solo itu membutuhkan pembentukan karakter utama yang kuat. Artinya, dibutuhkan sutradara berpengalaman dalam membuat film yang menonjolkan karakter. Daldry membuktikan hal itu lewat film Billy Elliot dan The Audience.

Obi-Wan Kenobi kali ini muncul di enam film orisinal Star Wars. Karakter itu diperankan kali pertama oleh Alec Guinness pada episode 4-6 (1977, 1980, dan 1983). Berkat peran itu, Guinnes diganjar nominasi Oscar pada 1978. Kemudian, perannya digantikan Ewan McGregor pada episode 3 (1999, 2003, dan 2005).

Kenobi dikenal sebagai Jedi master yang melatih Anakin Skywalker, sosok yang memutuskan pindah ke dark side dan menjadi Darth Vader. Kenobi kemudian melatih Luke Skywalker, putra Anakin Skywalker, sebelum berubah menjadi Vader di Star Wars: A New Hope (1977).

Belum diketahui siapa yang menjadi Kenobi dalam film tersebut. Namun, McGregor yang juga muncul sebagai Kenobi di film ketujuh Star Wars: The Force Awakens (2015) mengaku siap dan senang hati jika ditunjuk. “Tak ada penawaran resmi dan saya belum bertemu mereka tentang ini atau apa pun. Tapi, saya akan senang jika mereka menginginkannya,” kata McGregor kepada Entertaiment Weekly. (adn/c19/ayi/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!