Obor APG Dikirab di Ternate

Obor Asian Paragames.

TERNATE – Sejarah terukir di Ternate saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games III/2018. Kota di Maluku Utara itu menjadi titik awal dikirabnya obor Asian Para Games (APG). Sebelum obor dikirab saat peringati Hari Olahraga Nasional ke-35 pada minggu (9/9), api abadi yang diambil dari Merapen, Grobogan, Jawa Tengah, disemayamkan di Istana Kesultanan Ternate di Soa Sio, Ternate Utara, lewat prosesi adat setempat.

Ternate memang ditetapkan sebagai kota pertama torch relay atau kirab obor pesta olahraga atlet difabel se-Asia setelah pawai di Solo. Setelah di Ternate, kirab obor selanjutnya akan menuju Makassar (12/9), Bali (16/9), Pontianak (19/9), Medan (23/9), Pangkal Pinang (26/9), dan berakhir di Jakarta (30/9).

Sebelum disemayamkan, Wakil Ketua IV Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 Raden Isnanta membawa lenteranya. Ia didampingi Sekjen Panpel Asian Para Games (INAPGOC) Bayu Rahadian yang memegang obor dalam kondisi padam. Keduanya masuk dari gerbang selatan istana. Mereka disambut oleh dua anak lelaki yang memperagakan Tarian Cakalele, tarian perang tradisional Maluku, kemudian disambut sejumlah perangkat Kesultananan Ternate.

Isnanta dan Bayu beserta perangkat kesultanan Ternate kemudian berjalan beriringan menuju ke tangga utara Istana. Mereka menyerahkan lentera kepada Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman dan Kie Malaha Marsaoly Kesultanan Ternate Abdul Majid yang sudah berada didalam istana. Wali Kota dan Kie Malaha Marsaoly kemudian menyerahkan kembali lentera dan obor ke petugas kesultanan di teras istana. Setelah itu, lentera dan obor dibawa masuk ke dalam istana, diletakkan di atas meja untuk kemudian didoakan oleh Hatib Mado Manyira Kesultanan Ternate Sumarno.

Baca Juga :  Giliran Guru Dilatih Kepariwisataan

Pasca prosesi adat penyerahan lentera dan obor, Raden Isnanta mengatakan bahwa hari ini kita melihat sama-sama api yang diambil dari Mrapen, Jawa Tengah, dan telah melewati prosesi memasuki Ternate. “Kami sudah serahkan kepada pemerintah Kota Ternate dan juga kesultanan Ternate. Prosesi ini menandakan semangat peduli terhadap kaum disabilitas, serta semangat untuk kesetaraan terhadap para difabel akan berkobar dan terus menghiasi kehidupan di Kota Ternate,” ucap Raden Isnanta.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman menambahkan bahwa jajaran pemerintahan setempat bersyukur lentera api dan obor APG telah diserahkan panitia kepada pemerintah dan Kesultanan Ternate untuk disemayamkan semalam di istana kesultanan Ternate. “Kami, rakyat Maluku Utara, rakyat Ternate, dan seluruh perangkat adat kesultanan Ternate turut berbangga dan berbahagia. Terima kasih karena pemerintah, masyarakat Kota Ternate dan Kesultanan Ternate, diberikan kepercayaan untuk ikut bersama menyukseskan Asian Para Games,” kata Burhan Abdurahman.(kmd)

Dikirim dari Yahoo Mail di Android
[12:39,

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!