One Health untuk Kendalikan Penyakit

Ilustrasi

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pertanian (Kementan) tengah mengembangkan sistem komunikasi lintas sektor yang bernama “One Health”. Sistem ini dibentuk dalam rangka mengendalikan penyakit zoonosis dan Penyakit Infeksi Baru (PIB).

Kasubid Zoonosis Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Rama Fauzi mengatakan, dokumen strategi komunikasi ini nanti akan melengkapi dokumen Panduan Koordinasi Lintas Sektor menghadapi kejadian luar biasa (KLB)/wabah zoonosis dan penyakit infeksi emerging (PIE) yang telah disusun dan siap untuk diluncurkan.

Senada dengan Rama, Sri Handani dari Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan harus ada strategi komunikasi yang tepat dalam upaya mengendalikan penyakit. “Tapi terlebih dahulu harus menyamakan persepsi terkait kondisi KLB maupun wabah itu sendiri,” katanya.

Sri menjelaskan, Menurut UU No 4 Tahun 1984 tentang wabah, sampai saat ini Indonesia belum pernah berada dalam kondisi tersebut. “Karena ketika status wabah sudah ditetapkan, dampaknya sangat luas terkait sosial, politik dan ekonomi,” tuturnya.

Direktur Kesehatan Hewan Kementan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa mengatakan, pendekatan “One Health” dalam menyusun strategi komunikasi diperlukan pada setiap tingkatan dalam pemerintahan sebagai bagian dari penguatan kapasitas pemerintah dalam mencegah dan mengendalikan sebaran penyakit

Baca Juga :  Hak tak Dipenuhi, Sekuriti Outsourcing Sambangi DPRD

“Sehingga ada suatu strategi komunikasi nasional yang bersifat lintas sektoral menggunakan pendekatan “One Health” yang dapat diaplikasikan di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten dengan menyuarakan informasi yang sama,” ujarnya.

Tim kecil lintas sektoral rencananya akan dibentuk guna membahas lebih jauh dan menyelesaikan penyusunan strategi komunikasi ini. Diharapkan tahun ini juga, dokumen strategi komunikasi nasional dengan pendekatan “One Health” ini sudah bisa digunakan. (tau)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!