Opening AG Ajang Promosi Budaya

JAKARTA – Panpel Asian Games 2018 (INASGOC) akan menampilkan wajah Indonesia dalam pembukaan multieven antarbangsa Asia di SUGBK Senayan, Jakarta, pada 18 Agustus nanti. Terutama kekayaan budaya Nusantara. Acara pembukaan diharapkan menjadi ajang promosi kekayaan alam Indonesia ke masyarakat global.

Berbagai pihak dilibatkan. Ribuan seniman Indonesia baik dari penari, musisi, dan perupa diterjunkan pada upacara pembukaan yang rencananya dihadiri juga oleh puluhan tamu negara tersebut. INASGOC bermimpi, acara pembukaan nanti akan menjadi ceremony terbesar dan termegah di dunia.

“Acara ini diperkirakan disaksikan oleh empat miliar orang. Maka kami berkomitmen untuk melibatkan seniman Indonesia sebagai punggawa dalam upacara pembukaan ini,” terang Ketua INASGOC Erick Thohir. “Terkait partisipasi mitra dalam opening ceremony Asian Games 2018 semua melalui proses seleksi secara transparan, dapat dipertanggung jawabkan, dan sesuai dengan aturan yang hukum yang berlaku di Indonesia,” lanjutnya.

Direktur Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018 Herty Purba menjamin, putera puteri Indonesia yang terlibat di acara pembukaan adalah putra bangsa terbaik. Bahkan bisa dikatakan 90 persen dari total mitra khusus untuk acara ini. Alasan Herty, ajang ini menjadi momentum untuk melangkah lebih maju. “Mulai dari Wishnutama kita tunjuk sebagai Creative Director seremoni, sampai Eko Supriyanto yang jadi koreografer Madonna dalam tim,” jelas Herty.

Baca Juga :  Ruang Salat Ada, Sajadah Nihil

Herty menambahkan, memang ada konsultan asing yang ambil bagian di kegiatan ini. Mereka dilibatkan karena pengalamannya di ajang internasional. Misal Olimpiade. Keterlibatan mereka karena kelebihannya dalam operasikan teknologi dan sistem canggih dalam menyajikan perwajahan di ajang multieven berkelas. Harapannya, kedatangan mereka bisa menjadi ajang transfer ilmu dengan putera puteri terbaik bangsa.

“Kita ajak mereka ke sini karena pengalaman teruji, plus untuk transfer ilmu ke orang Indonesia dong. Ke depannya, kalau bisa kita lah yang jadi tenaga ahli terbaik di benua Asia,” tegas Herty. Selaku creative director upacara pembukaan, Wishnutama mengaku bangga dengan kepercayaan yang diberikan oleh INASGOC di ajang sebesar Asian Games. Ini momentum yang jarang terjadi. Bisa dikatakan seumur hidup sekali.

Karena itu, dia akan membayar kepercayaan itu dengan menyuguhkan tampilan spektakuler. Selain Wishnutama dan Eko Supriyanto, talenta lain yang akan menyemarakkan upacara pembukaan ada Denny Malik yang juga berpartisipasi sebagai koreografer, Addie MS dan Ronald Steven dari sisi musik, perancang busana Rinaldi Yunardi dan Dynand Fariz hingga maestro seni rupa Indonesia, Sunaryo.(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!