Operasional Jadi 3 Trainset

RAMAI: Masyarakat ramai mencoba transportasi LRT di Kota Palembang. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Sejak dibuka untuk umum pada 1 Agustus lalu, jumlah penumpang Light Rail Transit (LRT) Sumsel terus bertambah setiap harinya. Kondisi ini membuat operator LRT Sumsel, yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengambil keputusan untuk kembali mengoperasikan satu unit trainset. Sehingga, total trainset yang dioperasikan mulai kemarin (9/8), menjadi tiga unit.
Humas Divre III PT KAI Palembang, Aida Suryanti mengatakan, penambahan unit trainset yang beroperasi merupakan respon dari peningkatan jumlah penumpang. Hingga, Rabu (8/8), jumlah penumpang LRT Sumsel sudah mencapai 57.020 penumpang.
“Penambahan unit ini untuk mengantisipasi animo masyarakat yang terus meningkat serta persiapan menjelang penyelenggaraan Asian Games,” ujar Aida saat dibincangi, kemarin.
Aida menuturkan, ketiga trainset setiap hari bakal menjalani 30 kali perjalanan dari sebelumnya yang hanya 16 kali perjalanan. Ini membuat waktu tunggu kereta lebih singkat. “Kalau sebelumnya satu jam. Kali ini lebih singkat menjadi lebih kurang 50 menit,” katanya.
Waktu tunggu tersebut, sambung dia, akan lebih singkat lagi jika seluruh trainset sudah dioperasikan. “Rencananya dari 8 trainset bakal dioperasikan 7 trainset. Sehingga waktu tunggunya akan terus dipersingkat. Tapi akan berangsur ditambah, tidak sekaligus. Melihat perkembangannya ke depan,” ucapnya.
Dijelaskannya, sejauh ini pengoperasian LRT Sumsel tidak menemui kendala berarti. Seluruh petugas sudah menguasai operasional prosedur, baik dari sisi pengoperasian maupun standar keamanannya. “Tidak ada kendala berarti. Seluruh petugas telah mendapat bekal yang cukup mengenai pengoperasian LRT,” pungkasnya. (kos/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!