Pak Bupati… ini Keinginan Warga di Bidang Kesehatan

H Syarif Hidayat. foto: zulkarnain sumeks.co.id

RUPIT – Minimnya fasilitas membuat masyarakat masih kesulitan untuk menjangkau akses kesehatan lengkap di wilayah Muratara. Pada tahun ini Pemkab Muratara menggelontorkan dana sekitar Rp50 miliar, untuk meningkatkan puskesmas di enam kecamatan.

Murni, warga Desa Muara Kulam, Kabupaten Muratara, mengatakan akses yang paling dekat untuk pusat pelayanan kesehatan yang lebih lengkap, hanya bisa mereka dapati di RSUD Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara. Sedangkan waktu tempuh perjalanan, mencapai 1,5 jam. Dirinya berharap pemkab bisa meningkatkan pelayanan puskesmas.

“Harapan bisa lebih ditingkatkan pelayanan yang ada di puskesmas. Supaya kalau warga mau berobat tidak selalu dirujuk ke RSUD, karena ke Rupit cukup jauh dari wilayah kami,” kata Murni, Ahad (8/7).

Dia juga mengatakan, banyak tantangan yang dihadapi warga jika melakukan pengobatan dengan jarak yang cukup jauh. Terutama saat membawa warga yang membutuhkan pertolongan gawat darurat, harus dilakukan dengan cepat, dan bagi warga yang menjaga pasien harus mengorbankan waktu dan meninggalkan pekerjaan.

“Kalau pelayanan bisa dilakukan di tingkat kecamatan tentunya itu bisa mempermudah warga kami dalam mendapat pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Di lain tempat, Bupati Muratara H Syarif Hidayat menyampaikan, pembangunan di bidang pelayanan kesehatan merupakan program prioritas. Di 2018 ini, Pemkab Muratara sudah menggelontorkan dana sekitar Rp50 miliar guna meningkatkan pelayanan puskesmas di enam wilayah.

Baca Juga :  Warga Mulai Tukar Uang

Puskesmas yang akan di bangun diantaranya, Puskesmas Karang Jaya, Nibung, Surulangun, dan Puskesmas Muara Kulam, Kecamatan Rawas Ulu.

“Ke depan kita tetap fokus pada pembangunan infrastruktur dasar, jalan jembatan. jembatan. Kesehatan kita akan melakukan peningkatan standar pelayanan, biar masyarakat jangan jauh jauh lagi ke Rupit jika mau berobat,” tukasnya. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!