Pak Bupati… Penambang Pasir Bahayakan Masyarakat

Ilustrasi. foto: zulkarnain sumeks.co.id

RUPIT – Aksi penambang liar di wilayah Kelurahan Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, terpantau masih terus berlangsung. Pihak kepolisian menegaskan, akan segera menghentikan aksi ilegal itu secara persuasif, karena aktivitas masyarakat dianggap menyalahi hukum yang berlaku.

Aksi penambang pasir ilegal sampai saat ini menjadi sorotan sejumlah pihak. Kendati sudah beberapa kali pemerintah mengeluarkan surat teguran, aktivitas liar ini masih terus terjadi.‎

Zami, warga Karang Dapo menuturkan, dampak aktivitas penambang pasir itu menimbulkan cekungan di dasar sungai, sehingga aliran sungai semakin deras. Akibatnya bibir sungai terus tergerus, bahkan sudah ada beberapa permukiman warga yang nyaris terjun ke sungai termasuk tower sutet milik negara yang berada di sekitar lokasi tambang.

“Informasinya tambang itu akan ditutup oleh pemerintah, tapi sampai sejauh ini masih terlihat aktivitas di lokasi itu. Posisi tower saat ini 3 meter lagi dari sungai,” kata Zami, Senin (17/7).

Menurutnya, Pemerintah Daerah harus mengambil tindakan tegas untuk menutup aktivitas masyarakat tersebut. Pasalnya, kondisi itu mengakibatkan masyarakat yang berada di sekitar lokasi penambangan semakin cemas. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!