Pak Bupati… Warga Minta Dibangun Akses Objek Wisata

Objek wisata Dam Bukit Ulu di Muratara. foto: zulkarnain sumeks.co.id

RUPIT – Minimnya akses dan fasilitas di sejumlah objek wisata di Kabupaten Muratara, membuat masyarakat di daerah tersebut lebih cenderung berlibur ke luar daerah. Warga berharap Pemkab segera melakukan pengembangan dan peningkatan terhadap sejumlah akses ke lokasi objek wisata.

Warga Muratara sendiri mengaku masih lebih memilih mengunjungi objek wisata di daerah lain ketimbang di daerahnya.

Rahma (45), warga Kecamatan Rawas Ulu menuturkan, ada beberapa faktor yang mengakibatkan masyarakat Muratara enggan mengunjungi sejumlah objek wisata yang tengah digarap Pemkab. Diantaranya, masih minimnya akses ke lokasi wisata, tidak ketersediaan transportasi, serta tingkat keamanan yang masih kurang terjamin. Bahkan saat ini masyarakat lebih dominan mengunjungi sejumlah objek wisata yang berada di wilayah tetangga seperti Curup, Bengkulu, Muara Enim, Musi Rawas, Lubuklinggau, dan Pagaralam.

“Di daerah kita objek wisatanya memang bagus-bagus, seperti Gua Napalicin, Danau Rayo, dan Air terjun Ulu Tiku. Tapi sekarang masih sepi, belum ada transportasi dan fasilitas umum di sana,” kata Rahma, Jumat (7/7).

Dia berharap Pemkab secepatnya melakukan pengembangan terhadap sejumlah objek wistaa tersebut, sehingga dapat segera dioptimalkan fungsinya sebagai destinasi wisata yang bisa di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah.

“Setidaknya dibangun sejumlah fasilitas untuk pengunjung dulu dan tingkat keamanan ‎harus terjaga. Selanjutnya tinggal dipercantik lagi untuk dikelola agar maksimal,” sarannya. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!