Pak Gubernur… ini Harapan Warga Muratara

Jalan di Muratara. foto: zulkarnain sumeks.co.id

RUPIT – Wacana pembangunan akses jalan alternatif Muratara hingga perbatasan Kabupaten Muba, saat ini sangat dinantikan masyarakat di daerah otonomi baru (DOB). tersebut.

Jika pembangunan akses jalan itu terbentu‎k, geliat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Muratara akan semakin pesat.

Martoni, warga Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara yang berprofesi sebagai sopir travel menuturkan, saat ini antusias masyarakat menantikan pembangunan akses penghubung Muratara-perbatasan Muba sangat tinggi. Menurutnya jalan alternatif ini digadang-gadang sebagai jalur sutra yang bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat di Muratara.

“Kalau sekarang kita mau ke Palembang jalanya mutar, dari Muratara lewat wilayah Musi Rawas, masuk daerah Linggau, masuk ke Musi Rawas lagi dan terakhir baru masuk wilayah Muba. Setidaknya 3-4 jam perjalanan dari Muratara baru sampai di Muba,” kata Martoni, Jumat (3/8).

Dia menambahkan, sampai saat ini masih ada beberapa wilayah di Muratara yang dianggap terisolir karena tidak memiliki akses terdekat ke ibu kota Provinsi Sumsel.

“Kalau kita berangkat dari Lubuklinggau ke Palembang lewat jalur Mura-Muba, itu diperlukan sekitar 7 jam perjalanan. Jika berangkat dari Muratara, tentunya tambah lama lagi. Kita harap pemerintah segera membangun akses alternatif Muratara-Muba, sehingga jarak tempuh masyarakat ke ibu kota provinsi lebih terjangkau,” ujarnya. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!