Palembang Klaim Keuangannya Stabil

199
Ilustrasi. foto: irwansyah sumeks.co.id

PALEMBANG – Neraca keuangan Pemerintah Kota Palembang, saat ini diklaim telah cukup stabil. Apalagi, Pemkot juga baru menerima kucuran dana dari Pemprov Sumsel sebesar Rp200 miliar yang merupakan piutang anggaran di tahun 2016. Praktis tinggal tersisa sekitar Rp176 miliar, untuk itu, kota Palembang saat ini berada dalam tahap aman.

Dengan rasio belanjatidak langsung lebih kecil dibanding belanja langsung, yakni sebesar
45:55. Wali Kota Palembang Harnojoyo melalui Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Hoyin Rizmu mengungkapkan jika untuk rasio tersebut, Kota Palembang bisa dibilang berprestasi. Lantaran kecenderungan ibu kota provinsi di Indonesia, lebih banyak pengeluaran belanja tak langsung.

“Dibandingkan dengan ibu kota provinsi lain, belanja tak langsung seperti gaji pegawai di Kota Palembang punya rasio kecil dibanding belanja langsung. Sehinga tak mengganggu. Masuk kategori aman,” jelas Hoyin.

Kendati demikian, Pemkot palembang masih memiliki hutang kepada pihak ketiga sekitar Rp70an miliar. Yang akan dilunasi segera setelah pencairan dana berikutnya dari Pemprov dilakukan. (aja)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!