Palembang-Tegal Jajaki Kerjasama

Wawako Fitrianti Agustinda menyalami Presiden Jokowi di acara Rakernas APEKSI di Malang. foto: fajar wiko sumeks.co.id

MALANG – Wali Kota Tegal KMT Siti Masitha Soeparno menyebut Kota Palembang menjadi salah satu pasar potensial bagi sektor perikanan. Hal ini mendasari upaya peningkatan kerja sama dua wilayah, yakni Tegal dan Palembang ke depan.

Terlebih, kota Tegal saat ini tengah menigkatkan produksi dari sumber daya alam laut yang dimilikinya. Tak hanya sasaran terhadap pasar lokal, tetapi pasar internasional juga akan terus ditingkatkan ke depan.

“Ikan tenggiri jadi salah satu andalan kami. Dalam hal ini kota Palembang, menjadi salah satu daerah yang membutuhkan bahan baku tersebut. Kami bersama Wali Kota Harnojoyo melihat potensi kerja sama ini ke depan,” kata Siti di Malang, Jawa Timur, Jumat (21/7).

Secara spesifik, Siti menggambarkan kerja sama tersebut dalam bentuk pengiriman pasokan ikan ke Palembang. Dimana dalam beberapa waktu tertentu permintaan akan kebutuhan ikan tenggiri dan beberapa jenis ikan laut lain di Palembang bisa meningkat tajam. Seperti saat hari raya Idulfitri. Siti yang juga sempat mencicipi pempek Palembang dalam Indonesia City Expo (ICE) dalam rangkaian acara Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XII meyakini kerja sama ini bisa dengan berjalan dengan baik.

“Saya sendiri suka dengan pempek Palembang. Saya juga pernah besar dan bersekolah waktu sekolah dasar di Palembang sebelum seperti sekarang. Saya pikir kerja sama ini bisa kita maksimalkan,” katanya.

Baca Juga :  Perusahaan Otomotif ini Rambah Lubuklinggau

Upaya ini disambut baik Harnojoyo. Harnojoyo mengakui jika pada saat kurangnya ketersediaan ikan di Palembang, harga meningkat drastis. Sehingga masuknya ikan dari Tegal ke depan, dapat menekan kenaikan harga.

“Wilayah kita (Palembang) diliputi sungai. Karena itu, kita harus menunggu pasokan dari nelayan yang melaut, atau dari daerah lain. Seperti ini (kerjasama dengan Tegal) tentu bisa kita kaji lebih jauh,” ujarnya. (aja)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!