Pasangan ini Menikah di Bulan Ramadan

Pasangan pengantin baru Mahyar dan Anita. foto: zulkarnain sumeks.co.id

RUPIT – Bulan puasa ternyata tidak menyurutkan niat sejumlah pasangan untuk melangsungkan pernikahan. ‎Di wilayah Kabupaten Muratara, setidaknya ada tiga pasangan yang sudah mendaftarkan diri di Kantor Urusan Agama (KUA), untuk melaksanakan pernikahan di saat warga melaksanakan ibadah puasa.

Mahyar (23) warga Desa Aringin, Kecamatan Karang Dapo dan pasangannya Anita (17), warga Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, yang sempat melangsungkan pernikahan di balai nikah KUA Kecamatan Rupit, Rabu (23/5) sekitar pukul 10.00 WIB.

Mahyar menuturkan bahwa ada beberapa alasan tersendiri bagi mereka untuk melangsungkan akad nikah di bulan Ramadan. Diantaranya, kepercayaan masyarakat bulan Ramadan merupakan bulan rahmat yang membawa berkah, tidak baik melangsungkan pernikahan di bulan terjepit di antara Idulfitri dan Iduladha, serta kebersamaan saat Lebaran merupakan momen yang sudah mereka nantikan untuk berkumpul bersama.

“Kami sengaja melangsungkan pernikahan di Ramadan, memang sangat jarang warga yang nikah saat puasa. Itu karena desakan keluarga, karena adat kami tidak baik jika melangngsungkan pernikahan di dua khotbah antara Lebaran Idulfitri dan Iduladha,” kata Mahyar. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!