Pasar Beduk Diserbu Warga

397
Foto: Kris Samiadji/Sumeks

KPM Apresiasi Pedagang Kecil

PALEMBANG – Ramadan membawa berkah bagi para pedagang. Bantu permudah masyarakat berbuka puasa, banyak bermunculan pasar beduk. Lapak-lapak dagangan tersebut didirikan tersebar hampir di seluruh wilayah di Metropolis.

Seperti di samping Fly Over Simpang Polda Sumsel berdiri tenda dengan puluhan pedagang. Mereka beraneka macam sayuran, ikan atau lauk pauk serta kudapan untuk menu berbuka puasa. Bahkan, sejak dibuka pukul 15.00 Wib, ratusan pembeli dari berbagai wilayah mendatangi tempat tersebut.

“Selama ini kita melihat banyak pedagang ini yang berjualan di tempat yang tidak diperbolehkan masyarakat. Karena itu, kita bangunkan tenda dan meja untuk masyarakat berjualan,” ujar Inisiator Palembang, Yudha Pratomo Mahyudin ditemui saat meresmikan pasar beduk di Graha Bunda simpang Polda Sumsel, kemarin (27/5).

Untuk sewa, setiap pedagang hanya membayar Rp400 ribu/bulan dan disubsidi Rp100 ribu dari Komunitas Palembang Maju. Dikatakan Yudha, setiap tahun pihaknya bersama beberapa pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumsel membuka pasar beduk.

Seperti di 2016 silam, pihaknya membuka di halaman DPRD Sumsel. Tapi sayang kurang ramai. “Sedangkan di lokasi ini, baru dua jam buka, transaksi pedagang sudah di atas Rp 5 juta,” bebernya.

Sementara itu, Rini (27), salah satu pedagang mengatakan, selama ini dirinya bersama keluarga yang lain memanfaatkan momen Tamadan dengan berjualan di pasar beduk. “Alhamdulillah, antusias pembeli kali ini lebih ramai. Bahkan sekarang saja sudah balik modal,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, puluhan masyarakat juga memenuhi halaman dari Masjid Taqwa Palembang untuk berbelanja menu berbuka puasa di Bazaar Ramadhan. Bahkan, tidak sedikit masyarakat ini bersama keluarga dan pasangannya. “Kebetulan saya hari ini (kemarin,red) tidak masak karena baru pulang mudik, jadi lebih baik beli di pasar bedug ini,” bebernya.

Selain itu, untuk harga yang ditawarkan oleh pedagang ini, dikatakannya sangat terjangkau oleh seluruh masyarakat. Seperti ikan, dijual antara Rp5 ribu-15 ribu/ekor dan sayur mulai Rp 10 ribu/porsi. “Dengan uang Rp 50 ribu sudah cukup untuk kebutuhan berbuka puasa. Kalau sahur, paling masak dulu ataupun beli juga,” terangnya.

Hal serupa juga terlihat di pasar beduk Jl Ratna, sejak pukul 15.00 Wib puluhan pedagang sudah menggelar dagangannya di depan lapak miliknya. Sedangkan pembeli yang datang, mulai pukul 16.00-17.30 Wib secara bergantian. “Sudah tradisi tahunan, kalau setiap ramadhan berjualan di pasar bedug. Lumayan untungnya bisa untuk persiapan lebaran,” pungkas Susi, salahsatu pedagang. (afi/vin)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!