Pasar Terbatas, Hanya 88 Unit, Jimny Limited Edition

Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Jimny Limited Edition dalam pameran GIIAS. Foto: Kris Samiaji/Sumeks

TANGERANG – Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Jimny Limited Edition dalam pameran GIIAS. Kehadirannya untuk mengobati rasa rindu para pencinta kendaraan SUV ini. Menyesuaikannya, dihadirkan grup legend God Bless. Jimny dipasarkan di Indonesia terakhir kali pada 1990 atau 26 tahun lalu. Sayangnya, Jimny 4X4 AT ini hanya dipasarkan terbatas, sebanyak 88 unit.

“Karena banyaknya ekspose pemberitaan, Jimny Limited Edition ini peminatnya di luar ekspektasi hingga 200 orang lebih. Artinya, sudah habis jumlah yang kita siapkan 88 unit. Dari jumlah peminat tersebut, kami akan lakukan seleksi. Satu pembeli satu kendaraan dan kita harap bisa menyebar ke seluruh Indonesia,” ujar Donnya Saputra, 4W marketing director SIS, kemarin.

Pihak SIS tak akan memasarkan versi limited edition ini setelah pendistribusian 88 unit, September mendatang. “Karena ini limited edition,” tambahnya. Namun, pihaknya tak menampik Jimny generasi ketiga yang dihadirkan ini untuk melihat respons pasar di Indonesia.

“Kami akan lakukan studi apakah kendaraan ini akan dipasarkan di Indonesia atau tidak,” tambahnya. Kemungkinan, jika akan dipasarkan, tentu akan berbeda dengan varian limited edition yang dihadirkan di GIIAS.

Jimny Limited Edition ini dengan eksterior bagian depan sporty front grille, multireflector hologen headlamp, front bumper with foglamp, sporty front under guard. Kemudian, samping, side under guard dan tyre size 205/70/R15, belakang high mount stop lamp, rear wiper, dan spare tyre with sporty cover.

Jimny ini dengan fitur drive action 4X4 yang memungkinkan beralih ke 2WD ke 4WD melalui tombol sehingga bisa merespons perubahan di medan. Untuk perubahan tersebut, bisa sembari berjalan dengan maksimal kecepatan 20 km per jam. Sedangkan untuk perubahan dari 4WD ke 4WD-L, harus dilakukan berhenti.

Jimny ditunjang mesin empat silinder DOHC material aluminium sehingga lebih ruangan dan berdampak pada efisiensi bahan bakar. Mesin Jimny berkode M13A, berkapasitas 1.328 cc dengan VVT 16 katup. Jimny menghadirkan performa andal dengan 82 PS pada 5.500 rpm, torsi 110 NM pada 4.500 rpm.

Meski Jimny punya kemampuan bermain di medan offroad, Suzuki tak melupakan keamanan di permukaan jalan yang juga jadi perhatian. Kendaraan ini telah menggunakan ABS, rem depan cakram berventilasi, belakang memakai drum, leading, dan trailing.

Kemudian, dual SRS airbag, melindungi dari benturan depan Jimny mengadaptasi Collapsible Stering Column. Batang setir akan patah ke bawah sehingga meminimalisasi pengendara terhimpit lingkar kemudi. Lalu, side impact beam meredam benturan keras dari samping. Jimny juga dilengkapi immobilizer. (rei/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!