Pastikan Kanal Berfungsi, Karo Ops Berkunjung ke OKI

Edi Setio Budi meninjau kanal di kawasan Sepucuk, Desa Tanjung Serang, Kecamatan Kayuagung, OKI, Sabtu (12/8).

KAYUAGUNG – Debit air yang mulai menyusut seiring memasuki musim kemarau terus diwaspadai tim gabungan penanggulangan kebakaran dan lahan (Karhutla) OKI. Yakni dari Polisi, TNI, BPBD, Manggala Agni, MPA, perusahaan dan lainnya. Termasuk di kawasan lahan gambut Sepucuk Kayuagung. Namun adanya kanal blocking yang dibuat secara gotong royong oleh masyarakat maupun perusahaan mampu menekan kekeringan di lahan tersebut.

Hal tersebut ditunjukkan Karo Ops Polda Sumsel, Kombes Pol Edi Setio Budi saat kunjungannya ke OKI, Sabtu (13/8).

Edi Setio mengajak masyarakat mencoba untuk mencangkul lahan gambut yang ada sekitar 50 meter dari kanal blocking yang dibuat masyarakat, di kawasan Sepucuk, Desa Tanjung Serang, Kayuagung. Hasilnya permukaan air hampir sama dengan air yang ada pada kanal yang diblocking.

“Setidaknya ini memperlambat kekeringan, sehingga lahan gambut tetap basah dan bertahan hingga 2-3 bulan ke depan,” ujar kata Edi didampingi Kapolres OKI Ade Harianto dan Kapolsek Kayuagung AKP Feriyanto saat menunjukannya pada pihak TNI, Polri, MPA, perusahaan dan masyarakat setempat.

Lanjut dia, upaya kanal blocking ini merupakan salah satu upaya saat ini bisa dilakukan untuk menekan kekeringan di lahan gambut. Untuk itu, pihaknya mempersilahkan Pemda setempat untuk mempermanenkan kanal blocking tersebut.Selain itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh polsek agar memantau dan memperbaiki kanal blocking yang telah dibiay

Baca Juga :  48 Dai Pelajar Bersaing

“Bila ada kerusakan segera diperbaiki. Tak hanya itu, bila memasuki musim hujan juga tinggi pintu airnya juga harus sesuai agar lahan tidak terendam,” ungkapnya. (gti)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!