Pawai Obor Asian Games Dimeriahkan Penerjun

OBOR AG 2018: Direktur Ceremony Herty Purba didampingi Ketua INASGOC Erick Tohir saat menjelaskan tentang pawai obor Asian Games 2018 di Wisma Serba Guna Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/7). Foto: Kumaidi/Sumatera Ekspres

JAKARTA – Panpel Asian Games 2018 (INASGOC) menyebut akan ada atraksi spesial di tempat-tempat tertentu saat pawai obor Asian Games 2018 nanti. Salah satunya di Palembang. Saat obor Asian Games XVIII menyambangi Bumi Pempek, akan ada atraksi obor Asian Games dibawa oleh penerjun payung.

“Ada beberapa tempat yang akan ada atraksi spesial. Misal di Palembang obor dibawa para penerjun. Kemudian membawa obor sambil diving di Pulau Nemo, Raja Ampat. Di Bromo, obor dibawa dengan pasukan berkuda atau kavaleri. Selebihnya diarak biasa atau bahkan ada yang hanya dilintasi atau disinggahi saja tanpa diarak seperti di Semarang, Probolinggo, dan Bondowoso,” ungkap Direktur Ceremony Herty Purba di Wisma Serba Guna Senayan, Jakarta Pusat, kamis (12/7).

Dikatakan Herty, ada atlet nasional dan artis Ibu Kota menemani kirab obor selama di Sumatera Selatan. Di Sumsel, obor akan diarak di Palembang dengan ditemani atlet angkat besi Winarni dan artis Mika Tambayong. Kemudian di Musi Banyuasin bersama
atlet Sony Dwi Kuncoro. Selanjutnya ke Pematang Hilir, Prabumulih, Jakabaring Sport City, dan Ogan Ilir. Acara dilaksanakan pada 4-7 Agustus mendatang.

Sebelumnya, obor Asian Games akan diambil di New Delhi India oleh Ketua INASGOC Erick Thohir pada 16 Juli nanti. Kemudian Erick secara simbolik akan menyerahkan obor kepada legenda bulutangkis Indonesia Susi Susanti, yang akan membawa obor ke Jogjakarta. Total, obor akan diarak keliling 54 kota/kabupaten di 18 provinsi di Indonesia dengan jarak tempuh total 18 ribu kilo meter. Total kegiatan ini melibatkan 819 pelari yang terdiri dari atlet lokal dan nasional, artis lokal dan nasional, tokoh masyarakat, tokoh nasional, serta personel Polri dan TNI, yang akan menjaga gelaran ini.

Baca Juga :  Akrobatik Pesawat dan 52 Penerjun Buka Kirab Obor AG di Palembang

Dalam arak-arakan, lanjut Herty, di setiap daerah berlangsung selama tiga jam. Dua jam untuk berlari sesuai rute kemudian 1 jam lagi untuk diisi aktifitas dengan mengedepankan seni budaya masing-masing daerah. Nanti para pelari akan diberikan baju satu set. Rincian pelarinya, 10 dari daerah, lima dari INASGOC, dan lima dari sponsor.

“Misinya, melalui pawai obor ini kita angkat pariwisata di setiap daerah. Even ini juga diliput selain media nasional juga luar negeri.

Ditegaskan Ketua INASGOC Erick Thohir, pelaksanaan pawai obor Asian Games 2018 prioritaskan artis dan atlet Indonesia. Kriteria atlet, pernah meraih medali di Olimpiade dan Asian Games. Saat ini, INASGOC baru mengkoordinir 40 atlet. Sementara
kebutuhan untuk cover semua kegiatan butuh sekitar 80 atlet. Jadi masih kurang banyak.

Namun, Erick gak risau. Sebab, dalam pelaksanaan nanti juga akan diramaikan atlet putera daerah masing-masing.

“Total ada 819 pelari. Terdiri dari atlet yang dibawa INASGOC, artis INASGOC, dan atlet darah atau tokoh-tokoh daerah. Dari sponsor bawa artis juga. Kalau tokoh-tokoh nasional belum dapat konfirmasi tapi tokoh nasional akan hadir di tempat tertentu. Misal Pak Jusuf Kalla akan hadir Prambanan, Bu Puan Maharani dan Menpora di Mrapen Jogjakarta. Tapi di setiap daerah nanti ada tokoh-tokohnya juga,” jelas bos Inter Milan ini. (kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!