Peluang Untuk Mengupgrade Diri

Setelah melewati tahap Inspiring Project dan pelaporan Inspiring Project akhirnya didapatkan 30 finalis Duta Pelajar Zetizen Sumsel 2017. Nah, tahap selanjutnya seluruh finalis Duta Pelajar ini ialah Upgrading Class. Mau tau gimana keseruan Upgrading Class hari pertama kemaren? Yuk, ikuti keseruannya dibawah ini!
Upgrading class di hari pertama dimulai dari pukul 09.00 WIB. Acaranya dimulai dengan kelas jurnalistik yang diberikan oleh kak M. Rian Saputra, Redaktur Ekonomi Harian Pagi Sumatera Ekspress. Pada kelas jurnalistik ini Finalis Duta Pelajar sangat antusias memberikan pertanyaan mengenai dunia jurnalistik. Nggak hanya tanya jawab tentang dunia jurnalistik aja, kak Rian juga memberikan tips dan trik cara membuat berita agar lebih kece.
Setelah tau cara membuat berita para Finalis Duta Pelajar juga ditantang untuk membuat berita mereka sendiri. Dengan tema yang telah mereka diskusikan sebelumnya, terpilihlah tema tentang bullying yang erat banget kaitannya dengan remaja. Finalis Duta Pelajar diberikan waktu 10 menit untuk membuat berita dengan gaya mereka sendiri. Diakhir kelas jurnalistik ini, Afif dan Farah diberikan kesempatan buat membacakan berita yang udah mereka buat loh!
Kelas selanjutnya adalah Creative Writing Class bareng Ega Dyp, penulis asal Palembang yang bukunya udah diterbitkan oleh salah satu penerbit mayor. Nah, di kelas ini para Finalis Duta Pelajar diajak sharing bareng kak Ega tentang pengalamannya sampe bisa nerbitin novelnya sendiri. Di sesi ini pun para Finalis Duta Pelajar antusias banget untuk bertanya kepada kak Ega tentang permasalahan yang sering mereka hadapi saat menulis.
Menurut Ega untuk menjadi penulis kita harus rajin membaca juga, “Karena dengan banyak membaca banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa menambah pembendaharaan kata kamu, dan mengembangkan ide-ide baru yang bisa kamui jadikan bahan tulisan kamu” katanya.
Sesi penutup untuk Upgrading Class hari pertama adalah, Performance and Stage Act Class yang dibimbing oleh Budi Putra Bibit (kak Ibit) dan Annisa Tassia (kak Ica), Putri Sumsel Berbakat 2015. Kak Ibit dan Kak Ica tergabung dalam Stage Management. Dimana seperti yang kita ketahui Stage Management merupakan model agency, model talent dan modeling course ternama di Kota Palembang bahkan Sumsel. Pada sesi terakhir ini para finalis diajarkan, tentang postur tubuh yang ideal saat berdiri, cara berbicara yang baik dan cara berjalan yang baik saat berada di panggung.
Well, walaupun banyak banget finalis yang ngerasa kesulitan saat belajar performance & stage act, apalagi ini merupakan pengalaman pertama mereka. Tapi mereka seneng banget loh udahm dapet kesempatan untuk belajar sama para professional dibidangnya tersebut.
Upgrading Class ini sangat dimanfaatkan finalis Duta Pelajar untuk meng-upgrade dirinya masing-masing Resti Amelia, salah satu finalis asal SMAN 7 Prabumulih mengatakan, “Upgrading Class hari ini seru banget, banyak hal baru yang dipelajari yang awalnya nggak tahu jadi tahu. Mulai dari ilmu tentang jurnalistik, cara membuat berita, belajar menulis novel sampai belajar tentang performance & stage act,” ucapnya. (ars/fin)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!