Pembangunan SMP 60 Dialihkan

Kepala Disdik Kota Palembang Ahmad Zulinto

PALEMBANG- Bila sebelumnya pembangunan SMP Negeri 60 Palembang direncanakan akan dibangun di Kecamatan Gandus, hanya saja ke depan program tersebut akan dialihkan ke Kecamatan Alang-alang Lebar (AAL).

Pasalnya, dengan angka pertumbuhan penduduk dan jumlah usia sekolah yang sangat pesat di Kecamatan AAL menjadi dasar dari pemindahan tadi.

“ Kita melihat dari kepadatan dan jumlah penduduk yang ada di kecamatan setempat sebelum dibangunkan sekolah baru. Apakah cukup ditambah ruang kelas baru (RKB) atau memang harus dibangunkan sekolah baru. Ternyata, dari hasil kajian kita di Kecamatan Gandus cukup dibangun RKB saja. Sedangkan untuk pembangunan SMPN 60 Palembang akan kita alihkan ke Kecamatan AAL,” ungkap Kepala Disdik Kota Palembang, H Ahmad Zulinto ditemui di sela-sela rapat paripurna di DPRD Kota Palembang, Rabu (11/7).

Masih katanya, dari hasil evaluasi di lapangan, khusus di Kecamatan AAL terdapat sekolah yang penerimaan SMP di kawasan tersebut yang mencapai 9 kelas. Ini berarti animo dan jumlah siswa tidak sebanding dengan jumlah sekolah yang ada.

“ Dari rasio tersebut, memang sudah selayaknya untuk ditambah sekolah baru,” jelasnya.

Namun demikian, diakuinya untuk pembangunan sekolah baru ini terkendala dengan anggaran dan lahan yang ada. Dengan kata lain, pihaknya masih harus menghitung anggaran yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Imbau Sekolah Gelar Pesantren Ramadan

” Kalau memang ada hibah dari masyarakat untuk pembangunan sekolah sangat baik. Kalau tidak, tetap dibangun tapi pelaksanaan dilakukan tahun jamak. Sebab sebagian dana
digunakan untuk pembebasan lahan yang biayanya tidak sedikit,” bebernya.(afi)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Kamis (12/7). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!