Pemilih Pemula, Harus Cerdas

SALAM KPU SUMSEL: komisioner KPU Provinsi Sumsel Divisi SDM dan Parmas, Ahmad Naafi SH.M.Kn, foto bersama pemilih pemula dari Kabupaten PALI usai memberikan sosialisasi salam KPU Sumsel. Foto: Panji/Zetizen Sumeks

Kemarin (27/4) Roadshow KPU Goes to School kembali dilaksanakan secara meriah di Kabuputen PALI. Bertempat di Gedung Orkes Pertamina yang menjadi titik pusat berkumpulnya ratusan pelajar, terdiri dari siswa-siswi SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi, SMA Negeri 1 Talang Ubi, SMA YKKP, SMA YPLP PGRI, SMK Kesehatan Talang Ubi meramaikan event ini.
Ratusan pemilih pemula yang berstatus sebagai pelajar dari berbagai sekolah di sekitarnya terlihat antusias saat menerima materi yang disampaikan pihak KPUD Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Naafi SH.M.Kn, Komisioner KPUD Provinsi Sumatera Selatan Divisi SDM dan Parmas yang menjadi narasumber dalam sosialisasi.
Untuk memacu semangat para peserta yang hadir, Ahmad Naafi didampingi perwakilan siswa mempraktekkan yel-yel KPU dan Non Golput. Aksi mereka ini diikuti oleh ratusan siswa lainnya dan berhasil memacu antusias para peserta yang hadir.
Menjadi pemilih pemula yang cerdas merupakan inti dari materi yang disampaikan. Beliau juga menuturkan bahwa pemilih harus tau hukum pilkada, karena kalau tidak tahu maka akan merugikan pemilih tersebut. “Di dalam Pasal 178 B Setiap orang yang pada waktu pemungutan suara dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum memberikan suaranya lebih dari satu kali di satu atau lebih TPS, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 36 bulan dan paling lama 108 bulan dan denda paling sedikit Rp 36.000.000,00 dan paling banyak Rp 108.000.000,00” Ujar nya.

Baca Juga :  KPU Goes To School: SMKN 5 Palembang

Gen Z, ketika mengikuti pilkada generasi Z nggak boleh untuk memilih 2 kali ya! Walaupun kalian bakal dapet iming-iming sesuatu, karena dengan begitu generasi Z bisa terjerat hukum yang berlaku. So, kalian harus bersikap tegas untuk menolak.

By the way, Roadshow kali ini nggak monoton materi doang kok, siswa juga diajak untuk mengikuti beberapa kuis lho! Salah satu nya siapa pintar. Salut deh, melihat siswa-siswi SMA sederajat di PALI berbondong-bondong mengikuti Roadshow KPU Goes To School, di akhir acara Rani dan Yofi Saputra Zetizen asal SMA YPLP PGRI dan SMA 2 Unggulan Talang Ubi menjadi juara yang mewakili PALI di final pada tanggal 13 Mei yang akan datang. (nop/dab)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!