Pemohon Paspor Simpatik Terus Meningkat

Pemohon pembuat paspor menunggu antrean di ruang tunggu Kantor Imigrasi Kelas I Palembang. Foto: Adi/Sumeks

PALEMBANG – Pekan ketiga pelaksanaan pelayanan paspor simpatik yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Klas I Palembang disambut antusias oleh masyarakat. Bahkan untuk pekan ini, jumlah pemohon yang terdata hingga pukul 12.00 WIB menembus angka 240 orang.

“Dari catatan yang kita miliki, jumlah pemohon paspor selama gelaran paspor simpatik ini terus meningkat. Pada pekan pertama tercatat sekitar 80 pemohon, naik menjadi 170 orang di pekan kedua. Sedangkan pekan ketiga ini mencapai 240 orang, itu juga baru sampai pukul 12.00 WIB,” kata Kepala Kantor Imigrasi Klas I Palembang, Budiono Setiawan melalui Kasi Lantaskim, Firman di ruangannya, kemarin siang.

Dijelaskan Firman, memang untuk pelayanan paspor simpatik ini selain sebagai bagian dari Hari Bakti Imigrasi juga untuk mewujudkan pelayanan prima terutama bagi masyarakat yang tidak sempat mengurus paspor pada hari Senin-Jumat. Disamping itu, yang terbanyak untuk pengurus paspor ini dari luar Palembang yang tidak sempat mendaftar secara online ataupun jemaah calon haji 2018.

“Untuk saat ini 125 calon pembuat paspor berasal dari calon jemaah umrah dan haji. Sedangkan 115 orang lainnya pemohon antrean langsung atau walk in atau yang tidak melalui antrean paspor secara online. Selama kuota masih ada dan berkasnya lengkap akan kita layani,” tegasnya.

Kasubsi Informasi Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Lutfi mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya layanan paspor simpatik, tidak lain untuk lebih mendekatkan lagi Imigrasi dengan masyarakat. Apalagi diakuinya, banyak masyarakat yang tidak sempat membuat paspor karena kesibukan ataupun tidak memiliki waktu untuk mengantre.

“Nah, khusus kali ini dengan dibuka pelayanan paspor pada hari Sabtu setiap pekannya, mereka tadi bisa memanfaatkan waktu yang ada tanpa harus meninggalkan kegiatan harian atau pekerjaan di kantornya,” pungkasnya. (afi/nan/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!