Penantian Warga Kabupaten ini Akhirnya Tercapai

Warga Desa Kuto Tanjung yang sudah menikmati aliran listrik PLN. foto: zulkarnain sumeks.co.id

RUPIT – Puluhan tahun tidak tersentuh aliran listrik negara, tiga wilayah Kecamatan di  Kabupaten Muratara, dinyatakan bebas gelap di 2018. Selama ini warga mengaku, cukup kesulitan mendapatkan aliran listrik lantaran belum adanya jaringan yang masuk ke pemukiman mereka.

Penggunaan lampu centir dan genset yang biasanya digunakan warga sebagai penerangan di malam hari, di wilayah Kecamatan Ulu Rawas saat ini mulai ditinggalkan. Warga mengaku merespon positif pembangunan jaringan listrik yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah bersama PT PLN.

Wahidin, warga Desa Kuto Tanjung, menuturkan sebelumnya proyek pembangunan jaringan listrik ke desa mereka, sudah lama digagas pemerintah. ‎Namun, proyek itu selalu gagal dan ditinggalkan begitu saja, sehingga warga tak sempat menikmati aliran listrik negara.

“Sejak orde baru, pembangunan jaringan sudah dilakukan di 1996, itu hanya berupa jaringan tapi tidak ada apinya. Mungkin imbas krisis moneter proyek itu ditinggalkan. Baru sekarang ini listrik bisa masuk ke desa kami,” kata Wahidin, Ahad (11/2). (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!