Penderita IVA Harus Rajin Periksa Kesehatan

144
Warga memeriksakan deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Talang Ubi, PALI. foto: heru febrian sumeks.co.id

PENDOPO – ‎Wanita berusia di atas 35 tahun hingga 55 tahun atau yang sudah pernah menikah wajib memeriksakan dirinya apakah mengidap kanker serviks atau Inspeksi Visual Asetat (IVA).‎ Namun, jika wanita tersebut sudah mengidap IVA maka setiap tahun harus melakukan pemeriksaan agar penyakit tersebut bisa diatasi dan diobati.

“Seperti yang kita ketahui penyakit kanker serviks atau IVA itu merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Bahkan menjadi penyebab kematian tertinggi,” kata Kepala UPTD Puskesmas Talang Ubi, drg Hj Fery Septarini.

Diharapkannya, dengan adanya acara sosialisasi deteksi dini kanker serviks tersebut, maka kaum wanita di dalam wilayah Kabupaten PALI, bisa mengetahui apa itu kanker serviks, sehingga bisa memeriksakan dirinya secepat mungkin. Dan bagi penderita bisa menjalani pemeriksaan lima tahun sekali.

“Memang saat ini di Kabupaten PALI belum banyak ditemukan wanita yang terkena kanker serviks. Apalagi korban yang meninggal akibat kanker serviks belum kita temukan. Makanya sejak dini inilah kita harus mengetahui penyebab dan cara mencegahnya,” harapnya. (ebi)

Diskusi & Komentar

More News!