Pendidikan Keluarga Mendesak

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, Drs Widodo MPd

PALEMBANG – Filter penguatan karakter bagi anak sangat mendesak untuk diterapkan sejak dini dalam pendidikan keluarga. Derasnya pengaruh media sosial tanpa batas dari gadget merongrong para remaja bergaul dengan bebas secara masif. Padahal, masih ada nilai positif yang bisa diambil dari kemajuan media sosial.
“Pendidikan keluarga menjadi urgent saat ini, mengingat keluarga tempat utama sebelum remaja mengenyam bangku pendidikan formal (sekolah, red),” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, Drs Widodo MPd.
Menurutnya, gadget tantangan terbesar sehingga dirinya mengimbau para orang tua jika anak sudah berlama-lama menyendiri di kamar untuk segera dikontrol dan membatasi penggunaa gadget. “Berikan pengertian dan batasan. Sebab, anak lebih banyak berada di lingkungan luar daripada di rumah,” terangnya.
Dicontohkan, komunikasi orang tua, guru, dan pihak sekolah harus berjalan baik. Misalnya, apakah benar anak sekolah dengan baik atau bolos. “Ini bisa dikomunikasikan secara baik dengan wali kelas dan orang tua,” ucapnya.
Kepala SMKN 3 Palembang, Dra Hj Ernawati MM mengatakan, orang tua bisa membekali anaknya agar memberikan nilai-nilai karakter di rumah. “Penting bagi perkembangan anak, makanya kita memberikan pelatihan ini bagi orang tua/wali agar nantinya saat anak sekolah, tak hanya cerdas, tapi juga berkarakter. Karena secara psikologis, efeknya ada karena ini kita galakkan sejak tahun lalu,” tuturnya. (nni/nan/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!