Pengamanan Intensitas Tinggi Asian Games dan Pilkada Serentak

Kasat Brimob Polda Sumsel, Kombes Pol Arif Budiman, menyerahkan dokumen kepada Wako Palembang H Harnojoyo dan Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, yang menjadi Warga Kehormatan Brimob, pada HUT Ke-72 Brimob di Mako Satbrimob Polda Sumsel, Bukit Besar. Foto: Alfery/Sumeks

PALEMBANG – Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, menegaskan pelaksanaan Asian Games dan Pilkada Serentak 2018, pengamanan dilakukan dengan intensitas tinggi. Pada dua event besar di Sumsel tahun depan itu, persenol Brimob akan di-BKO membantu Polda Sumsel dan polres jajaran.

“Brimob sudah siap mengamankan Pilkada dan Asian Games. Kesiapan sudah dimulai dari sekarang, dan berlatih dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme),” kata Zulkarnain, pada upacara HUT ke-72 Brimob di Mako Satbrimob Polda Sumsel, Bukit Besar, kemarin (14/11).

Menurutnya, kesiapan yang dilakukan yakni latihan bersama stakeholder yang lain, untuk persiapan pengamanan dari ancaman bencana dan ancaman yang nyata. Seperti simulasi yang dilakukan belum lama ini di Jakabaring Sport City (JSC). “Siap menghadapi ancaman atlet dan kampung atlet,” katanya.

Kasat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Arif Budiman, menegaskan pihaknya siap membantu mengamankan pilkada serentak di 9 kabupaten/kota di Sumsel, pilgub Sumsel dan Asian Games 2018. “ Kami siap memberikan pengamanan dan keamanan untuk warga Sumsel dan para tamu nantinya,” tegasnya.

Pada peringatan HUT ke-72 Brimob, kemarin dimeriahkan berbagai atraksi mulai dari seni beladiri, baris berbaris dari Polisi Cilik (Pocil), barongsai hingga tarian kreasi gabungan dari tarian daerah di Indonesia. Sebelumnya, Satbrimob Polda Sumsel telah memuncakinya dengan gowes bareng Tour De Musi sepanjang 100 km pengobatan gratis dan sunatan massal, serta gotong-royong.

Dua kepala daerah, Wali Kota Palembang H Harnojoyo SSos, dan Bupati Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam, menjadi warga kehormatan (wahor) Brimob. “Semoga jalinan kerjasama antara Pemkab OI dan Korps brimob akan semakin baik,” ucap Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, melalui Kabag Humas dan Protokol M Ridhon Latief .

Senada dikatakan Wali Kota Palembang H Harnojoyo SSos, mengaku terharu sekaligus bangga dengan status barunya sebagai warga kehormatan brimob. “Ini penghargaan yang sangat prestisius bagi saya, sekaligus beban, harus mampu menjadi warga kehormatan yang baik. Terima kasih banyak kepada Korps Brimob Polda Sumatera Selatan,” katanya. (wly/air)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!