Pengedar Rokok Palsu ‘234’ Ditangkap Polisi

Ilustrasi

Polres Metro Jakarta Selatan menangkap pria bernama Tan Han Ging alias Gino (47) karena diduga membuat rokok palsu. Dalam melancarkan aksinya, pelaku menyebarkan rokok itu ke warung-warung kecil di sekitaran Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jaksel Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan selain Gino mereka juga menangkap Bambang Sudarmaji dan Budi Santoso Zen yang merupakan anak buah Gino.

“Pelaku ini memalsukan rokok Dji Sam Soe. Rokok palsu itu dijualnya ke warung kecil di sekitar kawasan Pasar Manggis, Setiabudi,” kata Mardiaz ketika dihubungi seperti dikutip JPNN.com Group Jawa Pos, Senin (12/2).

Menurut Mardiaz, rokok yang dibuat pelaku memang sekilas nampak sama dengan rokok asli. “Rokok dibuat pakai tembakau yang dibeli di pasar,” imbuh dia.

Dari pemeriksaan diketahui pelaku melakukan kejahatan itu sejak Juni 2017 lalu. Dia bisa membuat sebanyak satu dus besar rokok Dji Sam Soe palsu seharga Rp 10 juta dalam sehari.

Pelaku diketahui membeli tembakau di pasar per kilogram seharga Rp 35 ribu. Satu kilo tembakau bisa jadi lima slop sementara pelaku menjual satu slop rokok seharga Rp 105 ribu. Padahal harga normalnya itu satu slop Rp 143 ribu.

Tak hanya menangkap pelaku, polisi juga mengamankan dua karung berisi 12 rim kertas papir yang sudah ada stempel Sampoerna. Kemudian dua alat cetak untuk melinting rokok, setengah kilogram tembakau dan satu kardus berisi kertas pembungkus rokok Dji Sam Soe.

Pelaku kini ditangkap, mereka juga dikenakan Pasal 386 KUHP dan Pasal 62 ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

(jpg/JPC)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!