Penggalan Kenangan Ramadhan

Berliana Permata Sari

Puasa selalu datang setiap tahunnya, tapi suasana Ramadannya tentu gak bakal sama kan? Tentu ini berlaku untuk kita semua ya guys, pasti kalian kangen momen Ramadhan dulu, ya gak nih? Nah, kali ini Zetizen bakalan nge-flashbackin momen-momen Ramadhan tempo dulu. Mau tahu seperti apa? Check it out! (lmp/dsn)
Kenangan Ramadhan emang susah banget dilupain. Dulu abis selesai sahur bukannya ibadah, ehh malah keluyuran main petasan ataupun jalan-jalan kompleks sekalian olahraga pagi. Tapi, terkadang kegiatan yang satu ini juga dilakukan setelah sholat subuh lho, dan kadang jadi ajang cari perhatian, ciee ayo ngaku! So, jalan-jalan subuh bagi generasi Z itu menandakan kalau kamu anak gaul karena habis sahur gak tidur lagi, hitung-hitung olahraga juga.
Gak cuman jalan-jalan kompleks ataupun main petasan, ada juga kegiatan rutin setelah Tarawih, pada inget gak? Yap, tugas catatan kegiatan Ramadhan bakalan menunggu buat ditanda tanganin ustadz di hari kita sholat Tarawih, apalagi yang paling ditunggu itu ngisi ceramahnya, rebutan dan antriannya itu lho yang lama karena banyak banget yang minta. Hal ini juga yang buat kamu gak bisa absen tarawih banyak, karena bakalan diperiksa guru ketika masuk sekolah.
Lalu, acara bangunin sahur keliling perumahan dibantu dengan alat seadanya seperti kaleng bekas dan bedug, sambil teriak-teriak “sahuurr, sahurrrr”, kalo sekarang mah cuma ada alarm aja. “Kalau aku dulu emang hobi banget ngedengerin orang-orang bangunin sahur apalagi pas mereka jerit-jerit sahur, ya spontan aku ikutan jerit. Tapi kalo sekarang cukup sama alarm aja sih, karena udah jarang denger yang gituan” ujar Dimas Gunawan.
Abis bangunin orang sahur, biasanya bakal diakhirin main petasan yang emang udah jadi tradisi yang susah hilang di Indonesia. Biasanya petasan ini dimainin saat jalan-jalan subuh dan seringkali dipakai untuk ngagetin orang yang lewat. Nguji kesabaran orang banget ini, bahkan seringkali terjadi perang petasan sama generasi Z lainnya, walau bahaya tapi tetap nekat.
Hal yang jarang banget terjadi di dalam satu geng bahkan satu keluarga adalah buka bersama, ya gak? Berkat Ramadhan, yang biasanya sekeluarga jarang banget makan bareng, bisa bareng saat buka maupun sahur. Temen satu geng-pun gak lupa sama buka bareng, hal ini biasanya wajib dilaksanain biar mempererat tali silahturahmi. Berbagi takjil pun bisa kalian lakuin pas bulan Ramadhan ini, bulan yang banyak pahalanya, guys.
Tips buat kalian yang kangen banget sama Ramadhan tempo dulu, ya hal itu mungkin gak bisa kamu ulangi karena faktor umur, but apa salahnya sih buat dicoba-coba lagi seperti buka bareng sama temen, ya kalau bisa alumni-alumni dari sd, smp, ataupun sma, bahkan kuliah kalian ajakin semua buka bareng, biar tali silaturahminya gak putus-putus.
Kenangan Ramadhan emang susah banget buat dilupain begitu aja guys, apalagi Ramadhan hanya ada setiap 1 tahun sekali. Maka dari itu, yang kuat ya buat Ramadhan kamu kali ini generasi Z. Semoga puasanya penuh dan tercipta memori-memori baru!

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!