Penyakit Tidak Menular Bisa Dicegah dengan GERMAS

Yeti Azriyani dari Kemenkes RI pada acara sosialisasi GERMAS. Foto: Sardinan/Sumatera Ekspres

INDERALAYA-Trend penyakit menular dan tidak menular makin hari makin meningkat. Ini akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat. Oleh karenanya GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) harus terus disosialisasikan karena GERMAS merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana, dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa, dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Demikian disampaikan Yeti Azriyani dari Kemenkes RI pada acara sosialisasi GERMAS, kerjasama Poltekkes Kemenkes Palembang dengan DPR RI (Irma Suryani), Badan PPSDM Kesehatan RI , Pemkab OI, Dinas Kesehatan OI, di Desa Limbang Jaya 2, Kecamatan Tanjung Batu Selasa (8/5).

Acara juga diwarnai dengan Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan GERMAS.

Dijelaskan Yeti Azriyani, tujuan pelaksanaan GERMAS sendiri untuk menurunkan beban penyakit, menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan, meningkatkan produktivitas penduduk dan menekan peningkatan beban finansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan.

“Selain itu tujuan lainnya menurunkan resiko utama penyakit menular dan tidak menular. Dengan memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang seluruh keluarga, meningkatkan aktifitas fisik teratur dan terukur dan meningkatkan pola hidup sehat, meningkatkan lingkungan sehat, mengurangi konsumsi rokok dan alkohol,’’ ujarnya. (sid)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Rabu (9/5). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!