Peradi Siap ”Bentengi” KPU

PALEMBANG – Ciptakan pemilu dan pilkada yang baik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel gelar bimbingan teknis (bimtek) Sistem Pengawasan dan Penanganan Sengketa Perselisihan Tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Tahun 2018. Acara berlangsung di Hotel Horison Ultima.

Dalam kesempatan itu, juga diadakan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara KPU Sumsel dengan DPC Peradi Palembang. Hadir, Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Luhut MP Pangaribuan, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara, komisioner KPU, Bawaslu, dan Panwaslu provinsi dan kabupaten/kota se-Sumsel.

Ketua KPU Sumsel, H Aspahani SEAk MM CA menjelaskan, bimtek dan MoU untuk memberikan kepastian hukum dalam pelaksanaan pilkada dan pemilu. “Bahasa kepastian hukum akan membuat hal-hal yang diperselisihkan atau jika ada selisih hasil, semuanya akan menjadi terang benderang,” katanya.

Ketua DPC Peradi Palembang, Dr RM Taufik Husni SH MH menerangkan, dengan adanya MoU, Peradi akan bertindak sebagai penasihat hukum dan pendamping saat terjadi permasalahan hukum terkait keputusan KPU Sumsel. “Namun begitu, kita lebih mengutamakan agar tidak terjadi perselisihan hukum,” ungkapnya. (cj16/vin/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!