Perceraian Didominasi Usia Produktif

Humas Pengadilan Agama Kayuagung Kelas B1,M Syarif MH. Foto: Nisa/Sumatera Ekspres

KAYUAGUNG- Kasus perceraian yang terjadi di Kabupaten OKI cukup tinggi, bahkan disayangkan mereka yang mengalami perceraian didominasi usia produktif 29-30 tahun, usia yang masih sangat muda sekali untuk melanjutkan hidup sebagai duda ataupun janda setelah bercerai.

Humas Pengadilan Agama Kayuagung Kelas B1, M Syarif MH mengungkapkan, hal ini karena faktor psikologis yang memang belum siap untuk menghadapi permasalahan dalam rumah tangga sehingga emosial dan cepat sekali mengambil keputusan .

“Baru menghadapi permasalahan kecil langsung memilih untuk bercerai,” terangnya, Kamis (11/1).

Sepanjang 2017, ada 1.006 perkara yang masuk. Jumlah ini meningkat 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Kebanyakan yang mengajukan permohonan cerai mereka yang berasal dari Kota Kayuagung, Sirah Pulau Padang, Tanjungraja dan Indralaya karena pengadilan ini membawahi dua kabupaten.

Faktor yang mendominasi terjadinya perceraian ini selain faktor ekonomi juga karena kekersan dalam rumah tangga (KDRT) dimana pihak perempuan mendapat kekerasan fisik sehingga terpaksa memilih perceraian sebagai jalan terakhir untuk menghidari terjadinya permasalahan baru.

Tak hanya itu, ada 12 perkara yang dilakukan dispensasi karena masih berusia dibawah 17 tahun untuk menikah karena faktor kecelakaan, tapi untuk memberikan dispensasi tersebut sudah melalui sidang.

Untuk awal tahun hingga 10 Januari kemarin tercatat 48 perkara yang masuk, biasanya perkara yang banyak masuk terjadi pada awal tahun dan setelah lebaran Idul Fitri tapi tahun ini pihaknya belum bisa memprediksi karena baru masuk awal tahun.

Yuli,  salahsatu penggugat mengaku, saat ini sedang menjalani proses persidangan perceraian dengan suaminya dimana perkara masuk sejak Desember lalu dan ini baru bisa disidangkan.

“Majelis hakim masih akan melakukan mediasi diantara kami tapi sepertinya saya tetap akan bercerai,” tandasnya.(uni)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!