Perhari Minum 2 Iliter Air Putih

Konsumsi obat-obatan harus dibarengi banyak minum air putih. Jika tidak, akan menyebabkan gangguan pada ginjal. foto : Kris Samiaji/ Sumeks

GANGGUAN ginjal bisa dicegah dengan berbagai cara, terutama dengan menerapkan gaya hidup sehat. Yang terpenting menghindari kekurangan cairan dengan cukup minum air putih tidak lebih dari 2 liter setiap hari.

’’Tapi jangan minum air secara berlebihan karena itu justru akan merusak ginjal. Selain itu, cara pencegahan lainnya yakni berhenti merokok, memperhatikan kadar kolesterol, dan kendalikan berat badan,’’ujar DR dr Zulkhair Ali SpPD, KGH dari RS Dr Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Ia mengatakan, selain gaya hidup sehat, lakukan pemeriksaan kesehatan tahunan pada dokter, mintalah pula agar urin Anda diperiksa untuk melihat adanya darah atau protein dalam urin. Yang tak kalah penting, berhati-hatilah dalam menggunakan obat anti nyeri khususnya jenis obat anti inflamasi non steroid

Menurutnya, penyakit ginjal memang tidak menular, tetapi menimbulkan kematian dan dibutuhkan biaya mahal untuk pengobatan yang terus berlangsung seumur hidup pasien. Karenanya peningkatan kesadaran dan deteksi dini akan mencegah komplikasi penyakit ini menjadi kronis.

’’Penyakit ginjal disebut kronik jika kerusakannya sudah terjadi selama lebih dari tiga bulan dan lewat pemeriksaan terbukti adanya kelainan struktur atau fungsi ginjal,’’jelasnya

Pada penyakit ginjal kronik terjadi penurunan fungsi ginjal secara perlahan sehingga terjadi gagal ginjal yang merupakan stadium terberat penyakit ginjal kronik. Jika sudah sampai stadium ini, pasien memerlukan terapi pengganti ginjal berupa cuci darah (hemodialisis) atau cangkok ginjal yang biayanya mahal.

’’Berat ginjal yang kita miliki memang hanya 150 gram atau sekitar separuh genggaman tangan kita. Tetapi fungsi ginjal sangat strategis dan mempengaruhi semua bagian tubuh,’’ungkapnya.

Ia menerangkan, selain mengatur keseimbangan cairan tubuh, eletrolit, dan asam basa, ginjal juga akan membuang sisa metabolisme yang akan meracuni tubuh, mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan tulang.

’’Penyakit ginjal sering tanpa keluhan sama sekali, tidak jarang seseorang kehilangan 90 persen fungsi ginjalnya sebelum mulai merasakan keluhan,’’tukasnya. (uni/via)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!