Perkuat Perbankan Digital

Jajaran Bank Danamon Regional Sumatera 2 saat kegiatan bersama awak media, kemarin. Foto: Wendy/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Bank Danamon terus perkuat produk perbankan digital. Beragam produk digital ditawarkan untuk memudahkan nasabah, seperti aplikasi D-Bank dan D-Wallet. Lewat D-Bank, misalnya, nasabah bisa melakukan pembukaan tabungan secara online. Tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Verifikasi cukup dilakukan melalui video call. Rekening pun bisa langsung digunakan. Untuk buku tabungan dan kartu ATM bisa diambil ke cabang terdekat atau dikirim ke alamat. Prosesnya sekitar 3-4 hari.

“Layanan diuji-coba di Jakarta dua bulan ini, sesegera mungkin akan bisa diterapkan,” ujar Regional Corporate Officer Sumatera 2 Bank Danamon Handriady Chia.

Sementara itu, dengan D-Wallet, transaksi belanja nontunai akan semakin dimudahkan dengan konsep uang di dalam ponsel. Ia menambahkan, setiap transaksi nontunai malah akan mendapatkan poin. Dengan D-Point, pelanggan bisa menukarkan poin yang dikumpulkan dengan beragam hal, seperti diskon belanja dan pembelian tiket.

Untuk Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), nasabah pun bisa dapatkan kartu berlogo di GPN kantor cabang. Uniknya, di Bank Danamon sistemnya tidak menukarkan, tapi ditambah satu kartu.

“Jadi, nasabah bisa punya dua kartu. GPN bisa untuk untuk transaksi domestik dan kartu lama untuk transaksi saat ke luar negeri,” katanya.

Ia menjelaskan, sepanjang semester I 2018 ini kinerja Bank Danamon terus bertumbuh. Terutama pada segmen UKM, KPR, dan pembiayaan kendaraan bermotor. Total portofolio kredit tumbuh 4 persen menjadi Rp133,9 triliun. Dengan rincian kredit perbankan UKM tumbuh 14 persen menjadi Rp30,4 triliun. Lalu, KPR tumbuh 40 persen menjadi Rp6,9 triliun. Serta pembiayaan Adira Finance sebesar tumbuh 8 persen menjadi Rp48,1 triliun.

Untuk di Sumsel, ia menyatakan penyaluran paling banyak masih di Palembang, dan diikuti Lubuklinggau yang bertumbuh cukup agresif. Menurutnya, ini juga ada pengaruh Asian Games 2018. “Seperti UKM pempek dan suvenir yang ambil momentum ini,” katanya.

Terkait MUFG Bank yang telah mengakuisisi saham tambahan dari AFI sehingga meningkatkan investasinya menjadi pemegang saham pengendali sebesar 40 persen, Chia menyatakan Bank Danamon tetap berkomitmen terhadap strategi bisnis perusahaan. “Sinergi, layanan serta operasional perbankan akan tetap berjalan dan terus diperkuat,” ujarnya. (cj16)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!