Perlu Komputer-Server Cadangan

Pelaksanaan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/SMK 2018 akan dilaksanakan April mendatang. Saat ini sekolah sudah mulai melakukan berbagai persiapan pembinaan baik bagi para siswa hingga kesiapan sarana prasarana.
———————–
Hampir seluruh sekolah mulai sibuk mempersiapkan UNBK ataupun UNKP. Seperti di SMAN 5 Palembang yang menyelenggarakan UNBK sudah mempersiapkan sarana dan prasarana kelengkapan UNBK.
Kepala SMAN 5 Palembang Sumin Eksan, SPd MM mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan 120 komputer dan 3 server utama. “Kita menyiapkan komputer cadangan sebanyak 10 persen yakni 12 unit komputer dengan genset,” terangnya. Seraya menjelasakan untuk simulasi terakhir UNBK akan digelar Maret mendatang diikuti oleh 324 siswa.
Begitu juga dengan SMKN 2 Palembang. Sekolah kejuruan yang terletak di Jln Demang Lebar Daun ini sudah siap melaksanakan UNBK dengan menyiapkan 299 komputer utama dan 12 komputer cadangan dan 12 server utama dan 2 server cadangan. Tahun ini sebanyak 874 siswa akan ikut UNBK ditambah 18 siswa dari SMK Pelita yang akan menginduk ke SMKN 2 Palembang.
‘Kami juga menyiapkan genset 250 Kilo volt ampere dan bekerja sama dengan PLN Palembang. Mudah-mudahan nanti tidak ada kendala,” ucap Kepala SMKN 2 Drs H Zulkarnain MT kemarin.
Lebih jauh dijelaskan, dalam pelaksanaan UNBK jenjang SMK untuk bidang studi matematika ada soal esai nantinya. “Pelaksanaan UNBK sama seperti simulasi, para siswa telah dipersiapkan, apalagi nantinya ada soal esay untuk matematika,”katanya lagi “Sebagai persiapan kita telah melaksanakan simulasi guna untuk melihat dan mencari titik kelemahan urainya lagi,
Ia menegaskan, persiapan akhir termasuk simulasi akan dilakukan pada Maret mendatang. “Hasil UNBK tidak lagi menjadi penentuk kelulusan. Namun, kita berharap semua siswa dalam mengikuti UNBK dengan baik seperti tahun sbelumnya sebab ini sudah kali kelima SMKN 2 laksanakan,”tandasnya.
Hal yang sama juga dilakukan oleh SMP Islam Terpadu (SMPIT) Harapan Mulia. Tahun ini menjadi tahun kedua penyelenggaraan UNBK. Menurut Kepala SMPIT Harapan Mulia Eni Ambarwati SPsi, sekolah ini sudah melaksanakan UNBK untuk kelas IX di tahun ajaran 2017-2018 tahun ke dua.
Dikatakan, pihaknya telah menyiapkan sendiri hal-hal dibutuhkan dalam pelaksanaan UNBK yang telah didepan mata, “Menyiapkan sendiri, untuk satu ruangan dilengkapi dua server yaitu server utama dan servar cadangan,”terangnya.
Untuk client (peserta ujian) semuanya menggunakan laptop sebanyak 20 laptop. Selain hal tersebut pihaknya juga menyiapkan genset dengan kekuatan 54 ribu mega watt dan listrik 60 ribu mega watt. “Khusus internet menggunakan Indihome 10 MBPS. Kapasitas ini sudah kita yakin bisa mengcover kebutuhan nantinya mengingat ujian dilakukan serentak, sebab tahun lalu juga dilakukan hal serupa”ujarnya, kemarin (5/2)
Selain hal tersebut, pihak juga telah men-download kisi-kisi soal yang akan diberikan kepada siswa sebagai persiapan jelang UNBK. “Kita lakukan simulasi intern seminggu seklai untuk semua mata pelajaran diujikan nanti,” jelasnya.
Lanjutnya, saat pelaksanaan UNBK nanti digunakan dua sesi, sesi pertama pukul 07.00-09.00 wib, sesi dua, 10.30-12.30.“Khusus simulasi UNBK secara nasional akan dilakukan pada 27-28 Februari 2017,”terangnya lagi. Seraya menjelakan khusus siswa, dilakukan kesiapan mental dalam menggunakan laptop. (nni/nan)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!