Pertamina Luncurkan Program Patratura

248
BERMANFAAT: Salahsatu program binaan PT Pertamina RU III mengolah enceng gondok menjadi barang kerajinan yang bermanfaat pada peluncuran program Patratura, kemarin. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT Pertamina Refenery Unit (RU) III meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) Patratura. Program ini merupakan inovasi pengelolaan sampah. Program ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui manajemen pengelolaan sampah terintegrasi berbasis jaminan sosial.
General Manager RU (GM) III Eman Salman Arief mengatakan, melalui pengelolaan sampah organik dan anorganik untuk mengurangi volume sampah. Selain juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai nasabah dalam bentuk jaminan sosial sederhana. “Program ini dapat mengubah perilaku masyarakat dari hanya membuang sampah menjadi aktif mengelola sampah,” ujar Eman.
Nantinya, kata dia, sampah dikelola dengan Patrakomposter atau mengolah sampah organik skala rumah tangga menjadi pupuk cair dan pupuk padat. Patrakomposter dan Buku Tabungan akan dibagikan secara bertahap kepada 2.099 rumah tangga yang sudah mendaftar sebagai nasabah Bank Sampah Angrah.
Selain pengolahan sampah organik dan anorganik, Patratura juga mencakup pengolahan eceng gondok. Tanaman air yang bersifat gulma ini diolah menjadi barang- barang kerajinan oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok Melati. Selain itu, eceng gondok juga diolah menjadi pakan ternak sapi.
Area Manager CSR & SMEPP Sumbagsel, Susarwanto selaku ketua tim mengungkapkan, target awal akan membagikan 50 Patrakomposter kepada lima kelurahan di metropolis. “Harapannya di bulan pertama dapat mengurangi 20 persen sampah rumah tangga yang dibuang begitu saja tanpa diolah,” tukasnya (yun)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!