Petakan Venue Asian Games

SIAP DIGELAR: Ratusan atlet peserta 2017 Palembang Asian Triathlon Championship (ASTC) uji coba renang di Venue Danau Ski Air, Jakabaring, Kamis (20/7) siang. Foto: Budiman/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – 2017 Palembang Asian Triathlon Championship (ASTC) siap digelar. Kejuaraan triathlon bertajuk test event Asian Games XIII/2018 itu diikuti sekitar 400 atlet dari 36 negara.

Mark Sungkar, ketua umum PB Federasi Triathlon Indonesia bersyukur dapat kesempatan merealisasikan mimpi menjadi tuan rumah kejuaraan triathlon paling gengsi di Asia. Ya, satu tahun lalu gagasan menjadi tuan rumah diutarakan dalam biding di Jepang.

“Saya sampaikan kepada pak Alex Noerdin (Gubernur Sumsel, Red) apakah Sumsel bersedia? Tidak banyak berkata beliau langsung bilang ya. Padahal di Jepang saat biding kita hanya menang tipis 6 banding 5 suara,” kata Mark usai sesi jumpa pers di Dinning Hall Wisma Atlet, Jakabaring, kemarin (20/7) petang.

ASCT digelar selama tiga hari, 21-23 Juli ini di Jakabaring. 21 Juli digelar pertandingan kategori wanita, dilanjutkan 22 Juli kategori pria, dan 23 Juli kategori campuran. Perlombaan gabungan tiga nomor olahraga, renang (Danau Ski Air), sepeda (Kompleks Jakabaring) dan lari (Kompleks Jakabaring) tersebut resmi dibuka pagi ini (21/7). Setiap hari perlombaan mulai 06.30 WIB dan berakhir 11:30 WIB.

“Atlet sudah datang lebih dari 300. Namun sampai besok (hari ini, Red) masih ada jadwal kedatangan. Karena nomor elite baru akan dimainkan Sabtu dan Minggu. Total kurang lebih 400 atlet,” terang dia.

Baca Juga :  Jokowi Minta Laporan Panitia Asian Games

“Harapan ke depan tidak hanya kejuaraan Asia. Tapi sudah berkali-kali saya memberanikan diri bawah Indonesia insya Allah menjadi tuan rumah World Cup 2019 dan World Championship 2020. Ya, kalau bisa di Jakabaring,” terang ayah artis Zaskia dan Shireen Sungkar ini.

Dia menambahkan, Presiden ITU (organisasi Federasi Triathlon Dunia) dijadwalkan hadir pada pembukaan. “Ini event Asian Championship terbesar selama sepuluh tahun terakhir. Di sini ada nomor baru mixed team relay. Total hadiah Rp360 juta,” tambah dia.

Negara peserta di antaranya tuan rumah Indonesia, Yordania, Uzbekistan, Hongkong, Malaysia, Cina Taipe, Singapura, Bangladesh, dan India. Kemudian, Jepang, Korea Selatan, Filipina, Kazastan, Macau, Iran, Palestina, Bahrain, Thailand, Cina, Srilanka, Afganistan, Syria, dan Mongolia.

Selain itu terdapat 12 negara sebagai peninjau. Yakni, Kamboja, Irak, Kuwait, Kyrhistan, Lebanon, Maldiv, Nepal, Myanmar, Qatar, Uni Emirat Arab dan Pakistan. “Besok (hari ini, Red) akan dilakukan pembukaan. Ini diikuti 36 negara dengan total 400 orang atlet,” kata Gubernur Sumsel H Alex Noerdin usai tinjau venue sekaligus Wisma Atlet Jakabaring, kemarin (20/7) sore.

Orang nomor satu di Sumsel ini menerangkan, ada sedikit kendala dalam pelaksanaan. Ya, sebagian besar venue dan wisma atlet baru di Jakabaring dalam proses renovasi. Namun bisa diatasi dengan cara pengerjaan disetop sementara. “Keuntungan para atlet mengikuti Asian Triathlon di Palembang ini sebagai tahap kesiapan menjelang Asian Games. Nantinya saat Asian Games, pelaksanaan triathlon bakal digelar di venue Jakabaring. Artinya atlet yang bertanding ini bisa latihan sekaligus memetakan venue bertanding,” tambah ayah Bupati Muba H Dodi Reza Alex ini.

Baca Juga :  Ini Alasan Mabes Polri Berikan Bantuan Motor

Sementara itu Kapolda Sumsel, Irjen Pol Agung Budi Maryoto menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan keamanan selama event berlangsung. “Kami terjunkan 1.350 personel. 800 orang adalah dari kepolisian dan 250 orang dari TNI gabungan dari Satpol PP, dan sebagainya,” timpal Agung.

Di sisi lain, Jauhari Johan, atlet Sumsel andalan Indonesia mengaku tidak berani pasang target tinggi. Dia hanya ingin memperbaiki peringkat di Asia. “Ya, saat ini saya posisi 22 di Asia. Kalau bisa di kejuaraan ini dapat hasil lebih baik,” terang dia.

Fokus utama karyawan Bank SumselBabel ini adalah SEA Games di Malaysia, 21 Agustus nanti. “Saya sudah mempersiapkan kurang lebih dua tahun untuk SEA Games. Target saya jelas emas. Ya, sekalian mohon doanya masyarakat Sumsel,” terang dia. (ion/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!