Piala Dunia Harus Kembali ke Tanah Penciptanya, Jules Rimet

RUSIA – Ini menjadi gelar juara yang kedua yang diraih Prancis. Sebelumnya, Les Bleus juga jadi kampiun di kandang sendiri pada 1998. Pelatih Prancis, Didier Deschamps, pun menjadi orang ketiga yang mampu merebut gelar juara sebagai pemain dan pelatih.

Bagi Kroasia kekalahan ini membuat mereka gagal menorehkan sejarah dengan meraih gelar pertamanya. Menit ke-18: Prancis unggul 1-0. Prancis unggul dari tendangan terarah pertamanya di laga itu. Antoine Griezmann melakukan tendangan bebas dari luar kotak penalti dan sundulan Mario Mandzukic justru berbuah gol bunuh diri.

Menit ke-29: Kroasia menyamakan kedudukan 1-1. Ivan Perisic mendapat bola di kotak penalti lalu melakukan tendangan keras dengan kaki kirinya, yang mampu menaklukkan kiper Hugo Lloris.

Menit ke-38: Prancis kembali unggul 2-1.
Bola menyentuh tangan Ivan Perisic di kotak penalti. Wasit Nestor Pitana mengecek video asisten wasit (VAR) dan memberi hadiah penalti buat Prancis. Antoine Griezmann melakukan eksekusi dan sukses mencetak gol.

Menit ke-59: Prancis unggul 3-1. Paul Pogba mencetak gol. Ia menyambar bola muntah dari tendangan Kylian Mbappe yang membentur bek lawan. Tendangan pertamanya sempat diblok lawan, tapi tendangan keduanya, dengan kaki kiri, mampu berbuah gol.

Menit ke-65: Prancis unggul 4-1.
Mbappe mendapat bola di luar kotak penalti, umpan dari Lucas Hernadez. Pemain 19 tahun ini melakukan tendangan keras yang berbuah gol.

Menit ke-69: Kroasia mencetak gol, kedudukan 4-2. Mario Mandzukic menebus kesalahannya. Ia mencetak gol memanfaatkan blunder kiper Hugo Lloris.

Kroasia lebih menguasai bola di laga ini, mencapai 62 persen. Namun mereka kalah dalam hal tembakan terarah (4 berbanding 6), juga gol.

Ya,   trofi piala dunia harus kembali ke Prancis. Diketahui,  awalnya trofi piala dunia diberi nama ‘Jules Rimet’ yang berbentuk sosok dewa Yunani adalah piala yang diberikan kepada juara Piala Dunia sejak tahun 1930 hingga 1970. Nama trofi tersebut diambil dari nama mantan presiden FIFA, warga Prancis Jules Rimet, yang menjabat sejak tahun 1921 hingga 1954.

Susunan pemain

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez, Pogba, Kanté (Nzonzi 55), Mbappé, Griezmann, Matuidi (Tolisso 73), Giroud (Fekir 81).

Kroasia: Subasic, Vrsaljko, Strinic (Pjaca 82), Lovren, Vida, Rakitic, Modric, Brozovic, Perisic, Mandzukic, Rebic (Kramaric 71).

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!