Pilih Mana, Belajar Manual atau Online?

Banyak sekali situs belajar online yang berbondong-bondong menggantikan atau yang menemani buku sebagai sumber belajar bagi anak-anak di zaman sekarang. Orang dengan tipe nya masing-masing akan memilih sesuatu yang menarik perhatian dan memberi rasa nyaman pastinya. Eits tunggu dulu, ini bukan soal memilih pasangan melainkan memilih cara belajar yang pas bagi kalian. Kira-kira yang seru yang mana dan apa sih perbedaan diantara keduanya? Capcus deh simak! (may)
Anak-anak zaman old lebih menyukai belajar secara manual karena dapat dikatakan lebih simpel dan sudah pasti adanya. Memang berbeda dengan kids zaman now yang lebih kritis dan mudah penasaran terhadap sesuatu, jadinya mereka lebih suka belajar online dengan menggunakan gadget canggih mereka. Ya apalagi kan ini udah zaman nya sosmed guys.
Pembelajaran manual itu dapat dikatakan sebagai suatu metode belajar yang hanya terpaku dengan penjelasan guru di kelas, banyaknya buku paket atau buku pelajaran yang diberikan oleh pihak sekolah masing-masing. Adapun pembelajaran yang lain yaitu pembelajaran online. Jadi kita dapat belajar melalui situs-situs blog, ataupun beberapa instansi yang menjadikan online sebagai ajang untuk membantu para siswa yang masih bingung dalam pelajaran dan mengemeas materinya dalam bentuk yang lebih simpel dan pastinya menarik.
“Saya merupakan tipe siswa yang menganut kedua sistem pembelajaran tersebut, yaitu sistem manual dan sistem online. Kedua sistem ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing juga tergantung pada siswa yang menggunakan sistemnya. Tugas yang diberikan oleh guru di kelas terkadang tidak memiliki jalan keluar di dalam buku paket, nah disitulah media online dibutuhkan untuk membantu kesulitan kita. Jika jaringan kita tidak memungkinkan untuk menggunakan media online, pada saat inilah buku paket dibutuhkan. Kedua tipe belajar itu saling melengkapi dan dapat memberikan solusi terbaik untuk para siswa sekarang.”, ucap Catherine Visakha selaku Ketua OSIS/PPSK SMA Xaverius 3 Palembang
Sekolah di zaman now pun sudah mulai canggih dan mengikuti perkembangannya. Tak jarang sekolah sudah menganjurkan anak didiknya untuk belajar dengan media bantuan berupa gadget, itu merupakan hal yang sudah lazim dilakukan. Jujur saja, anak-anak yang terlalu lama didalam kelas, pastinya akan mengalami kebosanan yang sangat, berbeda dengan anak-anak yang dibebaskan untuk mencari materi pembelajaran menggunakan media online. Hayo benar kan, udah ngaku aja guys.
Anak-anak yang cenderung membaca buku, termasuk anak-anak yang mudah berkonsentrasi, berbeda dengan anak-anak yang lebih menyukai media online, terkadang pribadinya terkesan lebih santai. Kedua sistem yang dianut oleh setiap siswa itu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Keduanya pun dapat disatukan untuk saling melengkapi, sehingga kita memiliki wawasan yang lebih luas. Ingat, membaca adalah jembatan ilmu. Pastinya kalian pernah dengar kan? Dengan semakin banyak kita membaca darimanapun sumbernya, itu sangat berguna, dan jadikanlah kedua sistem itu menjadi sesuatu yang klop juga menyatu! Semangat terus ya generasi Z!(may)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!