Plafon Sekolah Ditopang Bambu

Atap dan plafon rusak membuat ruang belajar SDN 1 Desa Nirwana Kecamatan Semendawai Timur, OKU Timur hanya ditopang dengan bambu. FOTO: EDWARD SAGALA/SUMEKS

MARTAPURA – Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Desa Nirwana Kecamatan Semendawai Timur , Kabupaten OKU Timur mengalami kerusakan berat. Plafon dan atapnya terpaksa ditopang menggunakan bambu agar tidak roboh dan menimpa siswa yang sedang belajar. Kondisi tersebut sudah beberapa minggu ini masih tetap dipakai tempat proses belajar mengajar siswa SD Negeri I Nirwana.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan OKU Timur Drs Ali Pasyai mengatakan memang benar ada sekolah dasar di Semendawai Timur yang plafonya mengalami penurunan. Namun dikatakanya hal itu terjadi akibat curah hujan sehingga plafon terun sehingga ditopang dengan menggunakan bambu.”sebulan yang laluberlum seperti itu, baru ini saja bangunanya seperti itu,”terang Ali.

Ali menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan perbaikan terhadap bangunan sekolah tersebut, dimana nanti katanya dana pembangunanya akan dicarikan. ”Bisa juga menggunakan dana bantuan pemerintah, kalau dana DAK sudah berjalan tidak bisa lagi,”terangnya.

Sementara saat dikonfirmasi warga Desa Nirwana bernama Yono membenarkan kondisi gedung sekolah dasar negeri 1 Nirwana kondisinya sangat memprihatinkan. Kurangnya perhatian Pemkab OKU Timur terhadap sekolah tersebut menurutnya karena desa mereka dipelosok dan sudah diperbatasan Kabupaten OKI.

“Mungkin karena pelosok itu kali ya, jadi kurang mendapatkan perhatian dari Pemkab OKU Timur, dan juga menurut saya sangat berbahaya dimana siswa belajar dibawah plafon yang jebol terus ditopang dengan tiang bambu, sangat miris sekali,”kata Yono. (sal/nan)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!