Police Library Donasi Buku di MI Hidayatul Islamiyah

PEDULI PENDIDIKAN: Bripka Toni Hermawan (kanan) yang menggagas Police Library melihat siswa MI Hidayatul Islamiyah. Foto: Kemas/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Program Police Library (Perpustakaan Polisi) yang digagas Bripka Toni Hermawan di sejumlah sekolah di pelosok Palembang berlanjut. Kali ini, giliran Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hidayatul Islamiyah yang terletak di Jln Pemiri Kelurahan 8 Ilir ini mendapatkan bantuan bantuan 100 eksemplar buku pelajaran.
Bantuan diterima Kepala MI Hidayatul Islamiyah Arma. Ia menyampaikan apresiasi atas bantuan buku dari Bripka Toni melalui program Police Library. “Kami bakal memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan buku dari Bripka Toni yang selama ini sudah cukup banyak membantu kami, baik untuk pembangunan lokal guru maupun bangunan perpustakaan,” sebut Arma, kemarin.
Bripka Toni di kesempatan itu menyebut minat literasi pelajar sudah bergeser ke penggunaan gadget. Karena itu, ia mempunyai ide mendirikan Police Library, terutama di sekolah yang terletak di daerah terpencil. Dikatakan Toni, meski menggunakan uang pribadi dari gaji bulanannya, ia tidak berkeberatan untuk membelikan sebagian uang tersebut buku-buku yang kemudian disumbangkannya ke sekolah-sekolah yang kekurangan, khususnya di daerah terpencil. Sebab, diakuinya, buku merupakan jendela dunia yang dapat memberikan wawasan yang dapat mengubah masa depan generasi muda.
“Apalagi semenjak bertugas di Negara Sudan, Afrika Utara, pada 2015 lalu, saya melihat anak di sana sudah lancar dalam berbahasa Inggris, setelah saya telusuri. Mereka ini pintar berbahasa karena sering mambaca buku yang dilihatnya, dari sana saya semakin berkeinginan bagaimana anak di Indonesia jangan sampai kalah dengan anak di sana,” jelasnya, Sabtu (5/8).
Pemberian buku-buku ini, lanjutnya, guna mewujudkan Police Library di sekolah. Ia berharap, agar apa yang dilakukannya ini dapat memotivasi dermawan lainnya, khususnya dari sesama aparat kepolisian untuk dapat ikut memberikan uluran tangannya mendirikan Police Library tersebut.
“Saya semakin yakin, apa yang diperbuat ini bisa membangun generasi yang lebih pintar. Kita harap bapak Kapolda dan teman-teman di Kepolisian yang ingin memberikan bantuan bisa ikut, sebab dengan Police Library diharapkan semua siswa bisa menikmati berbagai buku yang diberikan,” pungkasnya.(kms/nan/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!